Text
Metode Pembelajaran Drill Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Pada Materi Menyanyi Di Kelas II SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan
Kata Kunci: Metode Drill, Seni Budaya, Musik
Guru harus menguasai berbagai pembelajaran. Pendekatan pembelajaran tentunya
terdapat banyak metode-metode, namun dalam penggunaan metode harus sesuai dengan
melihat kemampuan siswa. pendekatan dan penerapan metode sering digunakan dalam
pembelajaran seni budaya. Proses kegiatan penerapan metode drill dalam pembelajaran seni
budaya di sekolah SDI Matsaratul Huda yang terletak di Panempan pamekasan. Penggunaan
metode drill digunakan oleh guru dalam mengajar khususnya pada pembelajaran seni budaya
pada materi menyanyi siswa nampaknya sangat antusias ketika guru sering mengulang-ulang
cara lagu untuk dicontohkan cara menirukan menyanyi. Adapun pemilihan judul ini
dikarenakan metode drill merupakan metode yang cocok untuk diterapkan pada mata pelajaran
Seni Budaya dan mampu mengasah skill anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
penerapan metode pembelajaran Drill pada pelajaran seni budaya materi menyanyi di kelas II
SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan dan untuk mengetahui manfaat penerapan metode
pembelajaran Drill pada pelajaran seni budaya materi menyanyi di kelas II SDI Matsaratul
Huda Panempan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis
deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam
penelitian ini adalah guru Seni Budaya kelas II dan Siswa kelas II. Pengecekan keabsaan data
menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan trangulasi.
Hasil penelitian menyatakan; pertama, Terdapat beberapa tahapan yang dapat
dilakukan dalam penerapan metode drill dalam mata pelajaran seni budaya pada materi
menyanyi di kelas II SDI Matsaratul Huda diantaranya; 1) Mengkondisikan siswa, 2)
Menyampaikan materi menyanyi, 3) Guru memberikan contoh cara bernyanyi kepada siswa
kemudian siswa menirukan, 4) Guru mengajak siswa untuk melakukan kegitan praktek dengan
bertepuk tangan dan menirukan pola irama yang dicontohkan oleh guru, 5) Memberikan waktu
kepada siswa untuk belajar menyanyikan sebuah lagu dengan baik, 6) Siswa diberikan
kesempatan mencoba berlatih bernyanyi di depan kelas, 7) Guru melakukan pengulanagan
kembali terkait materi menyanyi sehingga siswa menjadi paham. Adapun lagu yang dapat
digunakan adalah lagu anak-anak, lagu daerah, dan lagu nasional. Kedua, terdapat manfaat
yang dihasilkan dari penerapan metode drill di kelas II SDI Matsaratul Huda diantaranya; 1)
Membuat siswa senang dan berantusias dalam mengikuti pembelajaran. 2) Siswa lebih mudah
memahami materi pembelajaran karena materi dan prakteknya itu dilakukan secara berulangulang. 3) Siswa lebih mudah dalam mengingat pelajaran. 4) Suasana kelas menjadi lebih aktif.
Tidak tersedia versi lain