Text
Pengaruh Sistem Full Day School Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Di SD Plus Nurul Hikmah
Kata Kunci: Full Day School, Konsentrasi Belajar
Penelitian ini dilatarbelakngi oleh penerapan sistem full day school yang
memiliki sisi negatif dan sisi positif. Sisi positifnya jam belajar lebih lama
dibanding bermain sehingga bisa meningkatkan prestasi akademik dan non
akademik. Sisi negatifnya anak merasa bosan ketika pembelajaran yang terlalu
lama, sehingga psikis dan fisik anak terganggu. Pembelajaran yang lama membuat
anak seusia SD fisiknya mudah lelah dan letih sehingga konsentrasi belajarnya
terganggu. Konsentrasi merupakan model utama bagi siswa dalam menerima
materi dan juga kunci kesuksesan dalam pelaksanaan pembelajaran. maka peneliti
membahas 2 permasalahan: pertama, apakah terdapat terdapat pengaruh sistemfull
day school terhadap konsentrasi belajar siswa kelas tinggi di SD Plus Nurul
Hikmah. Kedua, seberapa besar pengaruh sistemfull day school terhadap
konsentrasi belajar siswa kelas tinggi di SD Plus Nurul Hikmah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Subjek
penelitian ini merupakan siswa dari SD Plus Nurul hikmah, sampel penelitian
berjumlah 45 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket,
observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan mencari
“r” hitung dan “r” kerja pada rumus product moment dan tabel product moment,
seteah itu di cocokkan pada nilai tabel interpretasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, terdapat pengaruh antara
sistem full day school terhadap konsentrasi belajar siswa kelas tinggi di SD Plus
Nurul Hikmah yang dimana terdapat hasil kolerasi antara variabel X dan Y dapat
dilihat pada interpretasi data “r” hitung lebih besar dari “r” tabel pada taraf
signifikan 5% (0,249 > 0,306) dengan hasil ini menyatakan bahwa pengaruh
antara sistem full day school memiliki pengaruh signifikan terhadap konsentrasi
belajar siswa kelas tinggi berada pada rentang “rendah” diantara dua variabel.
Kedua, besar pengaruh sistem full day school terhadap konsentrasi siswa kelas
tinggi di SD Plus Nurul Hikmah terdapat pengaruh namun termasuk dalam
kategori rendah dibuktikan dari “r” kerja yang dimana hasilnya 0,306 di cocokkan
pada tabel interpretasi “r” product moment yaitu dari 0,200-0,400 termasuk
penafsiran rendah.
Tidak tersedia versi lain