Text
Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Living Values Education (LVE) di SDN Kaduara Barat 1 Pamekasan
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, LVE
Penerapan pendidikan karakter sangat penting khususnya pada pendidikan
mulai dari usia prasekolah sampai sekolah dasar, karena siswa kini memerlukan
pendidikan moral yang mampu menyampaikan prinsip-prinsip abstrak, gambaran
baik dan buruk untuk mengatasi masalah sikap dan perilaku dalam pendidikan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus penelitian yang menjadi
pokok bahasan, yaitu: pertama, bagaimana implementasi pendidikan karakter
melalui Living Values Education (LVE) di SDN Kaduara Barat 1 Pamekasan,
kedua, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi
pendidikan karakter melalui Living Values Education (LVE) di SDN Kaduara
Barat 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
deskriptif. Informannya kepala sekolah, guru, dan beberapa siswa. Prosedur
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti dalam
menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, implementasi pendidikan
karakter melalui Living Values Education (LVE) dilakukan melalui: 1) kegiatan
pembelajaran, di dalam pembelajaran guru bukan hanya menyampaikan materi,
melainkan juga harus mengembangkan karakter pada peserta didik. Dimana guru
harus mencontohkan hal yang baik yang dapat ditiru oleh peserta didik. 2)
Pembiasaan rutin yang dilakukan di SDN Kaduara Barat 1 Pamekasan meliputi:
membaca surah yasin setiap pagi sebelum masuk, membaca surah-surah pendek,
melakukan upacara bendera setiap hari senin, berdoa sebelum dan sesudah
pelajaran, melakukan hafalan juz 30, dan juga bekerjasama melakukan piket kelas.
3) Pembiasaan spontan seperti membiasakan budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam,
Sopan, Santun), saling menghargai teman, saling mengingatkan ketika ada teman
yang membuat kesalahan. 4) Melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, albanjari, dan drumband. Kedua, faktor pendukung dan penghambat implementasi
pendidikan karakter melalui Living Values Education (LVE) di SDN Kaduara
Barat 1 Pamekasan yaitu ada beberapa hal. Untuk faktor pendukung yaitu: 1) Para
guru yang ada di sekolah, 2) Pembiasaan rutin yang dilakukan di sekolah seperti
membaca yasin setiap pagi, membaca surah-surah pendek, berdoa sebelum dan
sesudah pelajaran, dan sebagainya, 3) Pembiasaan spontan, seperti budaya 5S
(Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun), saling menghargai teman, saling
mengingatkan teman apabila berbuat kesalahan, 4) KABARWAN BERTARI
(Kaduara Barat 1 Berbasis Tahfid Mandiri dan Bersaing) yang merupakan
program unggulan di SDN Kaduara Barat 1 Pamekasan. Sedangkan faktor
penghambatnya yaitu: 1) Faktor lingkungan,. 2) Faktor keluarga, 3) Kurang
Tidak tersedia versi lain