Text
Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Probing Prompting Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MI Mifatahul Ulum Kramat
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Cooperative Learning Tipe Probing Prompting
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA, hal ituu disebabkan karena pendekatan yang digunakan guru pada proses pembelajaran masih bersifat teacher centered dan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Sehingga perlu ada penerangan model pembelajaran kooperatif, salah satunya adalah model cooperatve learning tipe probing prompting. Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang dibahas oleh peneliti. Pertama bagaimana peoses penerapan model cooperative learning tipe probing prompting pada mata pelajaran IPA di kelas IV MI Miftahul Ulum Kramat. Kedua bagaimana hasil penerapan model cooperative learning tipe probing promting pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Kramat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran coopreative learning tipe probing prompting pada mata pelajran IPA di kelas IV MI Miftahul Ulum Kramat. 2) untuk mendeskripsikan hasil penerapan model cooperative learning tipe probing prompting pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Kramat.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Kramat yang berjumlah 13 siswa. Model penelitian ini menggunakan PTK model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan apad setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah pedoman pegamatan atau lembr observasi dan soal tes.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model cooperative learning tipe probing prompting dapat meningkatka motivasi belajar siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Kramat tahun ajaran 2022/2023 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan skor Motivasi belajar siswa dan nilai rata-rata hasil belajar siswa. Pada saat sebelum diberi tindakan atau prasiklus nilai rata-rata dari seluruh siswa masih rendah yaitu 49,61 dan presentase ketuntasan siswa 15,38%. Pada siklus I setelah diberi tindakan yaitu dengan menggunakan model cooperative learning tipe probing prompting nilai rata-rata siswa meningkat yakni menjadi 67,69 dan presentase ketuntasan siswa sebesar 53,84%. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 77,69 dan disertai dengan peningkatan presentase ketuntasan siswa yang mencapai 92,30%.
Tidak tersedia versi lain