Text
Penerapan Media Pembelajaran Big Book Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 2 Di SDN Candi Burung 2, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan.
Kata Kunci: Big Book, Minat Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa di kelas
2 SDN Candi Burung 2 dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Kondisi ini
mengakibatkan terhambatnya keberhasilan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk memberikan solusi dengan mengadakan variasi dalam proses pembelajaran,
variasi pembelajaran yang ditawarkan adalah dengan menggunakan media Big
Book. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan media
pembelajaran Big Book dalam mata pelajaran bahasa indonesia 2) Untuk
mengetahui hasil penerapan media pembelajaran Big Book, 3) Untuk mengetahui
faktor pendukung dan penghambat penerapan media Big Book.
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(PTK). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Kemmis & Mc
Taggart yang terdiri dari: perencaaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas 2 SDN Candi Burung 2 Kecamatan Proppo
Kabupaten Pamekasan dengan 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, angket, dan
dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika minat belajar siswa
mencapai 76%.
Penerapan media Big Book diawali dengan menunjukkan sampul depan
Big Book, menanyakan tema, mengajak siswa membaca bersama dan memberikan
kesempatan kepada siswa untuk membaca bersama maupun individu, dan
menanyakan isi cerita. Hasil penelitian minat belajar siswa pada tahap pra siklus
memperoleh persentase 39,25% dalam kategori kurang, pada siklus 1 sebesar
58,41% dalam kategori cukup, karena pada siklus 1 minat belajar siswa tidak
mencapai indikator keberhasilan penelitian ini, maka perlu dilanjutkan pada siklus
2, hasil siklus 2 minat belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 78,41% yang
berada pada kategori baik, karena pada siklus 2 sudah memenuhi indikator
keberhasilan, maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini dikatakan berhasil
karena sudah memenuhi indikator keberhasilan yaitu 76%. Faktor pendukung
penerapan media Big Book yaitu adanya gambar yang bervariasi, membantu siswa
yang belum lancar membaca untuk mengeja bacaan, memberikan kesempatan
kepada siswa untuk ikut serta dalam proses pembelajaran, sedangkan faktor
penghambatnya adalah keterbatasan siswa yang duduk dibelakang untuk melihat
dengan jelas, memerlukan suara yang keras dan jelas, memerlukan bimbingan
yang lebih untuk siswa yang belum lancar membaca.
Tidak tersedia versi lain