Text
Implementasi Pembelajaran Best Practice dalam Membentuk Nilainilai Karakter Peserta Didik Kelas III SDN Blumbungan 1 Larangan Pamekasan
Kata kunci: Pembelajaran Best Practice, Pembentukan Nilai Karakter
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kesadaran peserta didik kelas III
dalam bertingkah laku kurang baik dikarenakan kurang berperannya tenaga pendidik
terhadap proses pembentukan karakter peserta didik kelas III. Sehingga peserta didik
kelas III sering terlambat dating kesekolah, kurangnya menjaga lingkungan sekolah
dengan membuang sampah sembarangan, dan tidak melaksanakan piket kelas.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi pokok dalam
penelitian, yaitu: pertama, bagaimana implementasi pembelajaran best practice dalam
membentuk nilai-nilai karakter peserta didik kelas III, kedua, apa saja hasil dari
pembentukan nilai-nilai karakter peserta didik kelas III melalui implementasi
pembelajaran best practice, ketiga, apa saja factor pendukung dan penghambat pada
implementasi pembelajaran best practice dalam membentuk nilai-nilai karakter peserta
didik kelas III.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber
data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Implementasi pembelajaran best
practice dalam membentuk nilai-nilai karakter peserta didik kelas III SDN
Blumbungan 1 yakni menerapkan dengan pembiasaan yang dilakukan setiap hari
di sekolah seperti pembacaan surah pendek, berdoa sebelum dan sesudah proses
pembelajaran, datang tepat waktu ke sekolah, menjaga lingkungan dengan baik.
Kedua, Hasil pembentukan nilai-nilai karakter peserta didik kelas III melalui
pembelajaran best practice yaitu siswa dapat membaca surah-surah pendek
dengan lafadz yang baik. Ketika pembacaan doa, siswa lebih tenang dan fokus
dalam mengikuti proses pembelajaran. Siswa sudah terbiasa datang tepat waktu ke
sekolah. Dan siswa sudah bisa menjaga lingkungan yang baik dengan tidak
membuang sampah sembarangan dan aktif melaksanakan piket kelas. Ketiga,
Faktor pendukungnya yakni memberikan respon positif dengan adanya usaha dan
penerapan pembiasaan karakter yang diberikan kepada peserta didik kelas III.
Sedangkan faktor penghambatnya yakni lingkungan masyarakat dan dukungan
orang tua.
Tidak tersedia versi lain