Text
penerapan model Realistics Mathematic Education (RME) pada pemahaman siswa dalam pembelajaran bangun datar kelas IV di MI Sumber Bungur Al-Khalili,
Kata Kunci: Penerapan Model RME, Pemahaman siswa.
Pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang kurang diminati pada sebagian besar
siswa, karena siswa menganggap pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang sulit
dimengerti, hal tersebut perlu adanya motivasi dan kreatifitas guru dalam memilih model dan
media pembelajaran agar siswa semangat dalam belajar, model pembelajaran sangat penting bagi
siswa dalam proses pembelajaran, seperti halnya pada pembelajaran bangun datar kelas IV
menggunakan penerapan model RME. Dalam penelitian ini terdapat tiga fokus yaitu: Pertama
Langkah-langkah penerapan model RME pada belajaran bangun datar kelas IV MI Sumber
Bungur Al-Khalili, Kedua Pemahaman siswa pada pembelajaran bangun datar kelas IV MI
Sumber Bungur Al-Khalili melalui penarapan model RME, Ketiga Kelebihan dan kekurngan
dalam penerapan model RME pada pemebelajaran bangun datar kelas IV MI Sumber Bungur AlKhalili.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data
diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta menggunakan triangulasi
sumber dan metode, dengan subyek penelitiannya adalah guru kelas, kepala sekolah, 5 siswa
kelas IV MI Sumber Bungur Al-Khalili. sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
dengan melakukan keajegan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama Langkah-langkah penerapan model
RME pada pembelajaran bangun datar kelas IV dengan membuat RPP terlebih dahulu, lalu
membuat model dan media pembelajaran dengan memberikan masalah kontekstual pada siswa,
memberikan contoh kepada siswa, serta menugaskan siswa dan meminta siswa untuk
menyelesaikan masalah kontekstual, meminta siswa untuk mendiskusikan atau mengoreksi hasil
dari masalah kontekstual tersebut, selanjutnya Kedua pemahaman siswa pada pembelajaran
bangun datar Kelas IV di MI Sumber Bungur Al-Khalili dengan dilihat dari hasil belajar siswa,
siswa mampu menjawab masalah kontekstual dengan tepat dengan begitu siswa dapat
memahami materi dengan mudah sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan sesuai yang
diharapkan, serta selanjutnya Ketiga adapun kelebihan dalam pembelajaran bangun datar ini
yaitu semangat siswa dalam belajar dengan begitu akan lebih mudah bagi guru dalam memulai
proses pembelajaran, serta motivasi dan kemapuan guru dalam memilih model dan media
pembelajaran ini sangat penting karena dalam tercapainya pembelajaran yang efektif dilihat dari
kemampuan guru dalam memilih model dan media pembelajaran , sedangkan kekurangannya
yaitu adanya siswa yang tidak mendengarkan penjelasan guru, adanya siswa yang mengejek
teman sebangkunya, serta adanya siswa yang berbicara sendiri.
Tidak tersedia versi lain