Text
Implementasi Kegiatan Pojok Baca Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas 1 Di SD Negeri Barurambat Timur 2 Kecamatan Pademawu
Kunci: Pojok Baca, Literasi
Penelitian ini membahas tentang Implementasi Kegiatan Pojok Baca
Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas 1 di SD Negeri
Barurambat Timur 2 Kecamatan Pademawu. Adapun penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui sejauh mana pengimplementasian kegiatan pojok baca dalam
rangka peningkatan literasi siswa kelas 1.
Adapun penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian yang menjadi
pembahasan pokok sebagai berikut: pertama, bagaimana implementasi kegiatan
pojok baca untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas 1 di SD Negeri
Barurambat Timur 2 Kecamatan Pademawu, kedua bagaimana peran kegiatan
pojok baca untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas 1 di SD Negeri
Barurambat Timur 2 Kecamatan Pademawu, ketiga apa dampak implementasi
kegiatan pojok baca untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas 1 di SD
Negeri Barurambat Timur 2 Kecamatan Pademawu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur,
observasi non partisipan, dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah kepala
sekolah, guru, dan peserta didik.Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Implementasi
kegiatan pojok baca untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa yang
dilakukan guru kelas 1 meliputi beberapa cara yaitu pembiasaan membaca kepada
siswa selama 15 menit. Proses kegiatan belajar mengajar yang dikolaborasikan
dengan kegiatan pojok baca. Kedua, peran pojok baca untuk meningkatkan
kemampuan literasi siswa kelas 1 meliputi pojok menjadi tempat menarik dan
nyaman untuk membaca siswa. Pojok baca menjadi fasilitas tempat membaca bagi
siswa untuk dapat terus membaca di dalam kelas. Selain itu, pojok baca menjadi
pusat perhatian siswa ketika terdapat jam pelajaran kosong. Dapat menambah
wawasan keilmuan siswa. Kegiatan pojok baca juga menjadi bahan bacaan
terdekat bagi siswa karena terdapat di dalam kelas yang memudahkan siswa dalam
mengunjungi tanpa perlu ke perpustakaan. Ketiga, dampak dari implementasi
kegiatan pojok yaitu meningkatnya kemampuan literasi siswa, yang sebelumnya
siswa sangat malas untuk membaca apalagi membaca buku pelajaran, namun
dengan adanya pojok baca siswa menjadi sangat senang membaca dan antusias
ketika berada di pojok baca. Menjadikan siswa lebih tekun dalam membaca.
Siswa menjadi lebih dekat dengan buku.Tanpa diperintah, siswa juga sudah mulai
terbiasa membaca.
Tidak tersedia versi lain