Text
Analisis Keharmonisan Keluarga Terhadap Konsep Diri Pada Siswa Di Man 1 Pamekasan
Kata Kunci: Keharmonisan Keluarga, Konsep Diri
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang memiliki konsep
diri positif dan negatif di MAN 1 Pamekasan dan pembentukan konsep diri
tersebut didukung oleh keharmonisan keluarga, siswa dengan konsep diri positif
akan memiliki persepsi positif pada dirinya sebaliknya siswa yang memiliki
konsep diri negatif akan memiliki persepsi negatif terhadap dirinya.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang mengenai
Analisis Keharmonisan Keluarga Terhadap Konsep Diri Pada Siswa Di MAN 1
Pamekasan tahun ajaran 2023 untuk memperoleh data yang akurat maka peneliti
fokus pada tiga persoalan yaitu: 1. Bagaimana gambaran konsep diri siswa di
MAN 1 Pamekasan? 2. Bagaimana peran keharmonisan keluarga terhadap konsep
diri siswa di MAN 1 Pamekasan? 3. Apa saja upaya yang dapat di lakukan guru
BK untuk membentuk konsep diri positif siswa di MAN 1 Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang
bersifat deskriptif dan yang cenderung menggunakan analisis. dengan
pengumpulan data yang diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sumber data yang digunakan adala primer dan sekunder, sedangkan
analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Proses pengecekan keabsahan data hasil penelitian melalui
memperpanjang pengamatan, peningkatan ketekunan dan triagulasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu: Pertama, Gambaran konsep diri siswa di
MAN 1 Pamekasan yakni beragam, ada yang positif ada yang negatif seperti
siswa yang memiliki konsep diri positif dia akan bersikap optimis, percaya diri
dan selalu bersikap positif terhadap segala sesuatu, juga terhadap kegagalan yang
dialami. Sebaliknya siswa yang memiliki konsep diri negatif dia tidak percaya
diri, suka menyendiri dan tidak suka bersosialisasi, tidak suka dikritik, mudah
marah, dan gampang tersinggung. Kedua, Peran keharmonisan keluarga terhadap
konsep diri siswa di MAN 1 Pamekasan seperti Siswa yang tumbuh di lingkungan
keluarga yang harmonis akan merasa dicintai, dihargai, dan diterima apa adanya.
Hal ini dapat membantu mereka mengembangkan konsep diri yang positif, yaitu
perasaan percaya diri, kemampuan untuk menghargai diri sendiri, dan merasa
nyaman dengan diri sendiri. Ketiga, Upaya yang dapat di lakukan guru BK untuk
membentuk konsep diri positif siswa di MAN 1 Pamekasan seperti guru BK
melakukan konseling individu pendekatan behavioral dengan teknik penguatan
positif (Reinforcement positif), dan menanamkan hal positif pada diri siswa seperti
memberikan perhatian, dukungan, arahan, pujian dan reward (hadiah).
Tidak tersedia versi lain