Text
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Benda Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas 3 SDN Jalmak 1 Pamekasan
Kata Kunci: Metode Eksperimen, hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang efektifnya proses pembelajaran
IPA di SDN Jalmak 1 Pamekasan dan menyebabkan hasil belajarnya rendah. Hal
ini disebabkan karena siswa kurang memahami materi yang telah pelajari
sehingga hasil belajar kurang maksimal dan tingkat ketuntasan belum tercapai.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan metode
eksperimen pada materi tentang perubahan benda dalam meningkatkan hasil
belajar pada siswa kelas 3 SDN Jalmak 1 Pamekasan 2) Untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar materi perubahan benda melalui metode eksperimen
pada siswa kelas 3 SDN Jalmak 1 Pamekasan.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
dengan model Kemmis & Mc Taggart yang dilakukan dengan tiga putaran siklus,
setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN Jalmak 1 Pamekasan terdiri dari 16 lakilaki dan 4 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian inin yaitu Observasi, Tes dan Dokumentasi. KKM untuk pembelajaran
IPA kleas 3 SDN Jalmak 1 Pamekasan adalah 75.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada tanggal 26 maret 2023,
terdapat beberapa tahapan pada setiap siklusnya, antaranya : 1) kegiatan
perencanaan yaitu menyusun rancangan yang akan dilaksanakan dala proses
pembelajaran sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. 2) pelaksanaan,
mengembangkan RPP dengan menggunakan metode eksperimen untuk
meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan perencanaan awalnya. 3)
observasi, mengamati pelaksanaan pembelajaran dan proses pelaksanaan tindakan
dalam pembelajaran. 4) refleksi, pengamatan dikumpulkan dan analisis agar bisa
mengevaluasi diri tentang proses pembelajaran yang akan dilaksanakan. Dari hasil
penelitian yang didapat oleh peserta didik pada pra siklus, siklus 1 dan siklus 2
diketahui metode eksperimen pembelajaran IPA pada perubahan benda untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN Jalmak 1 Pamekasan pertama, pra
siklus nilai siswa dengan jumlah 1110 dengan rata-rata mencapain 55,5 dan
presentase 52%. Kedua, siklus 1 dengan jumlah nilai 1420 dengan rata-rata 71 dan
presentase 60%. Ketiga, siklus 2 dengan jumlah nilai 1650 dengan rata-rata 82,5
dan presentase 78,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen
pembelajaran IPA pada perubahan benda terdapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas 3 SDN Jalmak 1 Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain