Text
Analisis Model Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di MI Darul Ulum Plakpak Pegantenan Pamekasan,
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Index Card Match, Hasil Belajar
Pembelajaran yang efektif untuk menghasilkan pembelajaran yang berkualitas
maka perlu adanya penggunaan model dalam proses pembelajaran untuk mencapai
hasil yang maksimal mungkin. Model pembelajaran apapun dapat diterapkan dalam
proses pembelajaran, salah satunya Index Card Match. Model pembelajaran Index
Card Match adalah metode pencarian pasangan kartu yang sangat menyenangkan
untuk digunakan dalam mengulang materi pembelajaran yang sebelumnya sudah
diajarkan. Berdasarkan hal tersebut, terdapat dua fokus penelitian yang menjadi
pembahasan pokok sebagai berikut: Pertama Bagaimana langkah-langkah
penerapan model pembelajaran index card match dalam meningkatkan hasil belajar
siswa kelas IV MI Darul Ulum Plakpak Pegantenan Pamekasan. Kedua Bagaimana
hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran index card match di
kelas IV MI Darul Ulum Plakpak Pegantenan Pamekasan
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan
sumber data menggunakan data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan
datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, selanjutnya
untuk analisis data menggunakan tiga tahapan, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan, kemudian untuk menguji keabsahan datanya peneliti
menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama langkah-langkah
penerapan model pembelajaran index card match dalam meningkatkan hasil belajar
siswa kelas IV MI Darul Ulum Plakpak Pegantenan Pamekasan: guru menentukan
tujuan pembelajaran, model pembelajaran, materi pembelajaran, alokasi waktu
yang dibutuhkan, dan media serta bahan-bahan yang diperlukan dalam
pembelajaran. Guru membagi kartu pertanyaan dan jawaban kepada siswa. Guru
menjelaskan aturan cara bermain. Siswa mencocokan dengan menggunakan kartu
yang berisi jawaban dan pertanyaan yang sudah disiapkan guru. Guru memberi
intruksi kepada tiap pasangan siswa untuk menguji kebenarannya dan Guru dan
siswa bersama-sama melakukan klarifikasi atau kesimpulan. Kedua, Hasil belajar
siswa setelah menerapkan model pembelajaran index card match di kelas IV MI
Darul Ulum Plakpak Pegantenan Pamekasan dapat meningkatkan hasil belajar,
sebab dalam proses pembelajaran siswa sangat antusias dan merasa senang bisa
bermain sambil belajar sehingga proses pembelajaran menjadi lebih baik.
Sebelumnya hasil belajar kelas IV kurang baik atau rendah namun dengan
penerapan model pembelajaran index card match hasil belajar siswa menjadi baik
ataupun maksimal.
Tidak tersedia versi lain