Text
Upaya Penggunaan Media Storyboard dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV di SDI Miftahul Qulub
Kata Kunci: Media Storyboard, Hasil Belajar
Salah satu kunci dari keberhasilan suatu pembelajaran ada pada tangan
seorang guru yang mengajar. Tugas seorang guru tidak hanya menyampaikan
materi saja, akan tetapi guru juga harus mampu meningkatkan hasil belajar
siswanya dengan menggunakan berbagai macam ragam media pembelajran
sehingga proses pembelajaran lebih optimal. Berdasarkan hal tersebut, maka ada
tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama
Bagaimana perencanaan penggunaan media storyboard dalam meningkatkan hasil
belajar IPAS kelas IV di SDI Miftahul Qulub, kedua Bagaimana pelaksanaan
penggunaan media storyboard dalam meningkatkan hasil belajar IPAS kelas IV di
SDI Miftahul Qulub, ketiga Bagaimana hasil belajar siswa kelas IV pada mata
pelajaran IPAS setelah diterapkan media storyboard di SDI Miftahul Qulub.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
pendekatan kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu model penelitian
yang dikembangkan di kelas. Peneliti menggunakan model penelitian tindakan
kelas yang dikemukakan oleh Kemmis dan Robin MC Taggart pada tahun 1998
yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan (tindakan),
observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, siklus I dan
siklus II. Subjek dari penelitian ini sebanyak 22 siswa. Pengumpulan data
menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama perencanaan yang
dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu berkolaborasi dalam pembuatan RPP/
Modul Ajar, menyiapkan media, yang kedua penggunaan media storyboard, yaitu
guru menjelaskan materi dengan menggunakan media storyboard, guru membagi
siswa menjadi 5 kelompok, guru memberikan lembar kerja peserta didik, siswa
berdiskusi dan menyelesaikan tugas tersebut bersama teman kelompoknya, masingmasing kelompok menyiapkan satu orang perwakilan untuk maju kedepan kelas
membacakan hasil diskusinya, guru memberikan penguatan dan kesimpulan, siswa
mengerjakan tes yang diberikan oleh guru. Ketiga, hasil dari penggunaan media
storyboard yaitu adanya peningkatan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil tes
pada saat pra siklus yaitu hanya 58,63, kemudian nilai rata-rata siklus I mengalami
peningkatan menjadi 69.54, dan siklus II meningkat lagi menjadi 80,45.
Tidak tersedia versi lain