Text
Analisis Gaya Bahasa Dalam Iklan Koran Radar Madura Edisi Juli-September 2022,
Kata Kunci: Gaya Bahasa, Iklan, Radar Madura
Gaya bahasa merupakan bahasa indah yang dipergunakan untuk
meningkatkan serta memperkenalkan dan membandingkan suatu benda hal
tertentu dengan benda lain dengan tujuan mempengaruhi penyimak dan pembaca.
Melalui penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian yang menjadi pokok
pembahasan, yaitu,penggunaan gaya bahasa pada iklan koran Radar Madura edisi
Juli-September 2022, bentuk gaya bahasa pada iklan koran Radar Madura edisi
Juli-September 2022, dan makna gaya bahasa pada iklan koran Radar Madura
edisi Juli-September 2022. Pemilihan iklan koran Radar Madura sebagai bahan
penelitian karena banyak ditemukan penggunaan gaya bahasa yang beragam serta
menarik minat baca konsumen agar tergiur terhadap produk yang disampaikan
dalam iklan koran Radar Madura.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif
dengan jenis penelitian kepustakaan. Sumber data yang digunakan terdiri dari dua
macam yakni sumber data primer yang berupa iklan dalam koran Radar Madura
edisi Juli-September 2022 dan sumber data sekunder berupa buku, artikel, skripsi,
dan jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yaitu
menggunakan teknik observasi, teknik catat, dan teknik dokumentasi. Pengecekan
keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan meningkatkan ketekunan
pengamatan dan menggunakan bahan referensi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, ditemukan empat
macam gaya bahasa dalam iklan koran Radar Madura edisi Juli-September 2022
yaitu gaya bahasa perbandingan, gaya bahasa pertentangan, gaya bahasa
pertautan, dan gaya bahasa perulangan. kedua, bentuk gaya bahasa dalam iklan
koran Radar Madura edisi Juli-September 2022 yang ditemukan oleh peneliti
berjumlah lima belas macam yaitu gaya bahasa pleonasme, gaya bahasa prolepsis,
gaya bahasa tautologi, gaya bahasa personifikasi, gaya bahasa hiperbola, gaya
bahasa oksimoron, gaya bahasa klimaks, gaya bahasa paralelisme, gaya bahasa
polisindeton, gaya bahasa asindeton, gaya bahasa sinekdoke, gaya bahasa
antonomasia, gaya bahasa aliterasi, gaya bahasa asonansi, dan gaya bahasa
epanalepsis. Ketiga, makna gaya bahasa dalam iklan koran Radar Madura edisi
Juli-September 2022 ialah didominasi oleh ajakan kepada masyarakat untuk
melakukan sesuatu
Tidak tersedia versi lain