Text
Peran Guru Kelas Dalam Penanaman Pendidikan Karakter Kerja Keras, Komunikatif, dan Toleransi Pada Siswa Di Kelas IV SDN Blumbungan 1 Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Peran Guru Kelas, Pendidikan Karakter Kerja Keras, Komunikatif,
Toleransi.
Pendidikan karakter perlu ditanamkan disekolah karena tidak semua anak
mempunyai karakter yang baik. Kegagalan dalam pendidikan karakter dapat terjadi
jika anak tidak mendapatkan pendidikan karakter sejak dini. Akhir-akhir ini banyak
orang tua yang cenderung mementingkan aspek kecerdasan dari pada karakter.
Akibatnya sekolah menjadi tumpuan harapan dalam proses pendidikan karakter bagi
siswa. Dalam hal ini peran guru terutama guru kelas yang sering bertatap muka
dengan peserta didiknya sangat penting dalam proses penanaman pendidikan karakter
kerja keras, komunikatif, dan toleransi pada siswa di kelas IV. Untuk itu guru
hendaknya harus mampu menanamkan dan mengembangkan kompetensi dan
pendidikan karakter bagi siswa.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana peran guru kelas dalam
penanaman pendidikan karakter kerja keras, komunikatif, dan toleransi pada siswa di
kelas IV SDN Blumbungan 1. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat
penanaman pendidikan karakter kerja keras, komunikatif, dan toleransi pada siswa di
kelas IV SDN Blumbungan 1.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Untuk metode pengumpulan data diperoleh melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, peran guru kelas dalam
penanaman pendidikan karakter kerja keras, komunikatif, dan toleransi pada siswa di
kelas IV yaitu diperoleh hasil peran guru sebagai: a) pendidik, dengan mengajarkan
dan menanamkan nilai-nilai karakter yang baik. b) motivator, dengan memberikan
motivasi dalam bentuk arahan, bimbingan, cerita, bahkan sangsi dalam menanamkan
nilai karakter. c) model dan teladan yang baik bagi siswa dengan cara menunjukkan
sikap dan perilaku yang mencerminkan karakter kerja keras, komunikatif, dan
toleransi yang baik. Kedua, faktor pendukung penanaman pendidikan karakter kerja
keras, komunikatif, dan toleransi pada siswa di kelas IV yaitu: a) kebiasaan
berperilaku baik. b) lingkungan yang baik. c) pembiasaan yang dilakukan disekolah
Tidak tersedia versi lain