Text
Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn Melalui Strategi Crossword Puzzle di MI Miftahul Huda Kadur Pamekasan
Kata Kunci: Minat Belajar, Pembelajaran PPKn, Strategi Crossword Puzzle.
Salah satu faktor rendahnya minat belajar siswa pada pembelajaran PPKn
kelas VI di MI Miftahul Huda adalah kurangnya variasi penggunaan strategi
pembelajaran oleh guru sehingga siswa merasa bosan dan kurang semangat dalam
belajar. Inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan
rumusan masalah: 1) Bagaimana penerapan strategi Crossword Puzzle dalam
pembelajaran PPKn yang dapat meningkatkan minat belajar siswa di MI Miftahul
Huda Kadur Pamekasan? 2) Bagaimana hasil penerapan strategi Crossword
Puzzle dalam pembelajaran PPKn yang dapat meningkatkan minat belajar siswa di
MI Miftahul Huda Kadur Pamekasan? Penelitian ini bertujuan untuk: 1)
Mengetahui penerapan strategi Crossword Puzzle dalam pembelajaran PPKn yang
dapat meningkatkan minat belajar siswa di MI Miftahul Huda Kadur Pamekasan.
2) Mengetahui hasil penerapan strategi Crossword Puzzle dalam pembelajaran
PPKn yang dapat meningkatkan minat belajar siswa di MI Miftahul Huda Kadur
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan model
Kemmis & Robin Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dan tiap
siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Miftahul Huda yang
berjumlah 15 siswa dengan rincian 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket,
dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi Crossword
Puzzle dalam pembelajaran PPKn dilakukan dalam 4 tahapan, yaitu perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Strategi Crossword Puzzle diterapkan dengan
menuliskan kata kunci, membuat kisi-kisi dan pertanyaan, membagi kelas ke
dalam beberapa kelompok dan tiap kelompok diberi selembar kertas yang telah
berisi teka-teki silang, memberikan batas waktu pengerjaan lalu tiap kelompok
membacakan hasilnya dilanjut dengan mengoreksi hasil kerja tiap kelompok. 2)
Hasil penerapan strategi Crossword Puzzle dalam pembelajaran PPKn diperoleh
rata-rata persentase minat belajar siswa pada pra siklus yaitu 36% dengan kriteria
rendah. Setelah diterapkannya strategi Crossword Puzzle pada siklus I, persentase
minat belajar siswa meningkat menjadi 58% dengan kriteria sedang diiringi
dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 60%. Pada siklus II rata-rata
persentase minat belajar siswa meningkat menjadi 75% dengan kriteria tinggi
diiringi dengan meningkatnya persentase ketuntasan belajar siswa menjadi 80%.
Tidak tersedia versi lain