Text
Penerapan Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Strategi Team Quiz Di SDN Konang 2 Pamekasan
Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Strategi Team Quiz.
Belajar pada dasarnya adalah usaha manusia untuk memiliki perubahan
dihidupnya, baik itu perubahan tingkah laku atau yang lain, dimana perubahan itu
dilakukan secara sadar oleh individu untuk mencapai tujuan sesuai dengan yang
diinginkan serta memberikan pengalaman terhadap diri individu. Untuk bisa
mengajarkan pelajaran IPA dengan baik dan mudah dipahami oleh siswa, maka
guru harus bisa menentukan strategi yang akan digunakan ketika akan
melaksanakan pembelajaran. Penentuan strategi pembelajaran ini merupakan
usaha yang dilakukan guru dalam menciptakan pembelajaran aktif sehingga
materi pembelajaran yang akan disampikan dapat dengan mudah dimengerti oleh
siswa. Selain itu, dengan penerapan strategi team quiz dalam kegiatan
pembelajaran merupakan bentuk latihan dan pembiasaan yang nantinya akan
membawa perubahan positif kepada diri siswa.
Berdasarkan hal tersebut maka ada tiga permasalahan pokok dalam
penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana penerapan pembelajaran IPA dengan
menggunakan strategi team quiz di SDN Konang 2 Pamekasan ? , kedua,
Bagaimana hasil penerapan pembelajaran IPA dengan menggunakan strategi team
quiz di SDN Konang 2 Pamekasan ? , ketiga, Apa saja faktor penghambat dan
pendukung penerapan pembelajaran IPA dengan menggunakan strategi team quiz
di SDN Konang 2 Pamekasan ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data yang diperoleh yaitu melalui wawancara semi terstruktur,
observasi non-partisipan, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu
kepala sekolah, guru kelas IV dan siswa kelas IV.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: pertama, Penerapan pembelajaran
IPA dengan Menggunakan strategi team quiz di SDN Konang 2 Pamekasan,
dilakukan melalui beberapa tahapan. Diantaranya yaitu: (1) tahap persiapan
materi, (2) tahap penjelasan materi, (3) tahap pembentukan kelompok, (4) tahap
kegiatan tanya jawab (5) tahap mengevaluasi hasil pembelajaran. Kedua, Hasil
dari penerapan pembelajaran IPA dengan menggunakan strategi team quiz di SDN
Konang 2 Pamekasan khususnya kelas IV, yaitu: (1) Memotivasi siswa untuk
terus belajar, (2) Menciptakan sikap tanggung jawab, (3) menciptakan sikap
percaya diri dalam diri siswa. Ketiga, Faktor Pendukung penerapan pembelajaran
IPA dengan menggunakan strategi team quiz di SDN Konang 2 Pamekasan yaitu:
(1) Pelaksanaan sesuai dengan tahapan-tahapan dalam strategi team quiz, (2)
Dukungan orang tua, (3) Pemberian hadiah, (4) Sarana dan Prasarana. Sedangkan
faktor penghambatnya yaitu: (1) Waktu yang terbatas, (2) Tingkat pemahaman
yang berbeda, (3) Sulit dibentuk kelompok, (4) Kondisi siswa.
Tidak tersedia versi lain