Text
Efektivitas Metode Pembelajaran Talking Stick Pada Pembelajaran PPkn Kelas VI Di SDN Gugul 1 Tlanakan Pamekasan
Kata Kunci: Metode Talking Stick, PPKn
Pada saat kegiatan belajar mengajar guru harus mampu memberikan
pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan. agar bisa mengatasi
kebosanan/kejenuhan siswa, dan kurangnya fokus terhadap pembelajaran, untuk
itu diperlukan metode talking stick yang dapat mengaktifkan siswa berbicara atau
menjawab pertanyaan dari guru dalam proses pembelajaran PPKn, sehingga guru
perlu menerapkan metode talking stick pada pembelajaran PPKn. Penerapan
metode talking stick dalam bentuk permainan menggunakan bantuan tongkat bisa
digunakan guru untuk merancang kegiatan pembelajaran yang menarik, dan
mengkodisikan siswa didalam kelas. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat 3
fokus penelitian yang digunakan yaitu: pertama, bagaimanakah pelaksanaan
menggunakan metode pembelajaran talking stick pada pembelajaran PPKn kelas
VI di SDN Gugul 1? Kedua, bagaimana keaktifan siswa dalam menerapkan
metode pembelajaran talking stick pada pembelajaran pada pembelajaran PPKn
kelas VI di SDN Gugul 1? Ketiga, apa saja faktor pendukung efektivitas metode
pembelajaran talking stick pada pembelajaran PPKn kelas VI di SDN Gugul 1?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
desktiptif. Data yang dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sumber datanya guru kelas, dan siswa kelas VI di SDN Gugul 1
Dalam menganalisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
menarik kesimpulan. Adapun triangualasi yang digunakan adalah metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, pelaksanaan
menggunakan metode talking stick dalam pembelajaran PPKn sudah berjalan
dengan baik karena dilihat dari langkah guru dari awal pembelajaran menjelaskan
tujuan pembelajaran, menyiapkan sebuah tongkat, menyampaikan materi pokok
yang akan dipelajari, setelah itu memberikan kesempatan kepada siswa untuk
membaca materinya kembali, lalu guru mengambil tongkat dan menyerahkan
tongkat kepada salah satu siswa dengan bergulir dan diringi dengan menyanyikan
lagu, lalu ketika guru mengucapkan berhenti maka siswa yang memegang tongkat
yang akan menjawab pertanyaan, memberikan kesimpulan, evaluasi, dan penutup.
Kedua, Keaktifan siswa dalam menerapkan metode pembelajaran talking stick
pada pembelajaran PPKn bisa dilihat dari segi prosesnya siswa lebih aktif, dan
sangat antusias sekali dalam mengikuti pembelajaran karena dikombinasikan
dengan permainan. Ketiga, faktor pendukung efektifitas metode talking stick pada
pembelajaran PPKn meliputi faktor internal intelegensi siswa, dan minat
sedangkan faktor eksternal guru, siswa, buku tema kepemimpinan dan tongkat
Tidak tersedia versi lain