Text
Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Plakpak I Pegantenan Pamekasan
Kata Kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar, Matemarika.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya hasil belajar
matematika siswa kelas V SDN Plakpak I,hal ini dibuktikan dengan adanya
observasi pra penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Ada beberapa hal yang
menyebabkan kurang maksimalnya hasil belajar matematika siswa kelas V, yaitu
kurangnya minat belajar siswa kelas V terhadap mata pelajaran matematika.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara gaya belajar terhadap
hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Plakpak 1, dan seberapa besar
pengaruhnya. Kemudian untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan
penghambat dalam meningkatkan hasil belajar. Data dalam penelitian ini
diperoleh dengan menggunakan instrument angket tertutup pada variable X dan
dokumentasi berupa nilai PAS pada variabel Y, kemudian wawancara untuk
mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hasil belajar.
Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Berdasarkan hasil
perhitungan uji korelasi Product Moment, didapatkan hasil rhitung > r tabel yaitu 0,
446 > 0.374. sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis diterima, yaitu
tidak ada pengaruh antara gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa
kelas V SDN Plakpak 1 Pegantenan Pamekasan. Kedua, Berdasarkan hasil
perhitungan koefisien determinasi memberikan hasil r2 = 0.19. Dengan demikian
besar pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN
Plakpak 1 Pegantenan Pamekasan adalah 19% dan tergolong rendah. Ketiga,
Adapun faktor pendukung dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa
kelas V SDN Plakpak 1 Pegantenan Pamekasan yaitu lingkungan keluarga,
lingkungan sekolah, dan guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu lingkungan
keluarga yang kurang supportif dan kurangnya minat belajar siswa kepada mata
pelajaran matematika.
Tidak tersedia versi lain