Text
, Penerapan Metode Peta Konsep dalam Keterampilan Menulis Cerpen pada Siswa Kelas XII MA Al-Islamiyah I Sumber Batu Pamekasan
Kata Kunci: Metode Peta Konsep, Menulis Cerpen.
Metode peta konsep merupakan suatu teknik visual yang dapat menyelaraskan proses belajar dengan cara kerja alami otak yang menunjukkan ide-ide atau penggambaran pembelajaran dimulai dari konsep umum sampai pada yang terkhusus tanpa mengindahkan urutan atau topik bahasan yang diinginkan, dengan kata lain peta konsep adalah suatu cara memetakkan sebuah informasi yang digambarkan ke dalam bentuk cabang-cabang pikiran dengan berbagai imajinasi kreatif.
Penelitian ini ada tiga fokus penelitian. Pertama, Bagaimana penerapan metode peta konsep dalam keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas XII MA Al-Islamiyah I Sumber Batu Pamekasan? Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode peta konsep dalam keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas XII MA Al-Islamiyah I Sumber Batu Pamekasan? Dan Ketiga, Bagaimana hasil dari penerapan metode peta konsep dalam keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas XII MA Al-Islamiyah I Sumber Batu Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun objek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MA Al-Islamiyah I Sumber Batu Pamekasan dengan sumber data pendidik mata pelajaran bahasa Indonesia dan peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa :
Pertama, penerapan metode peta konsep dalam keterampilan menulis cerpen berjalan baik, pendidik menerapkan pembelajaran dengan metode peta konsep dengan menyampaikan materi pembelajaran, komponen cerpen, langkah-langkah menulis cerpen dan pengarahan pembuatan kerangka peta konsep sebelum menulis cerita pendek. Sehingga saat peserta didik menulis tidak lagi kebingungan dalam menyelesaikannya. Kedua, faktor penghambat yaitu latar belakang peserta didik yang berbeda-beda, ada yang antusias juga ada yang kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Faktor pendukungnya adalah prasarana dan kualitas pendidik dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Ketiga, hasil dari penerapannya peserta didik mampu menyelesaikan cerita pendek pengalaman pribadi dengan membuat peta konsep terlebih dahulu. Hasil tulisannya pun mendekati sempurna dilihat dari indikator penilaian. Dari tiga belas peserta didik, sembilan dari jumlah keseluruhan mampu menerapkannya secara baik.
Tidak tersedia versi lain