Text
Penggunaan Model Pembelajaran Team Quiz pada Mata Pelajaran IPA Materi Wujud Zat dan Penggunaannya di Kelas IV SDN Polagan 3 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Team Quiz, IPA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran
Team Quiz pada mata pelajaran IPA materi wujud zat dan perubahannya di kelas
IV, untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran
Team Quiz pada mata pelajaran IPA materi wujud zat dan perubahannya di kelas
IV, untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan penggunaan model pembelajaran
Team Quiz pada mata pelajaran IPA materi wujud zat dan perubahannya di kelas
IV SDN Polagan 3 Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif. Cara untuk memeperoleh data penelitian yaitu melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu
guru mata pelajaran IPA kelas IV dan siswa kelas IV. Pengecekan keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian ini adalah; Pertama, langkah-langkah penggunaan model
pembelajaran Team Quiz a) guru menjelaskan materi terkait dengan model
pembelaran Team Quiz, b) guru membagi siswa menjadi tiga kelompok, c) guru
meminta siswa untuk membuat pertanyaan serta jawabannya, d) kuis dimulai dari
kelompok A untuk memulai memberikan pertanyaan ke kelompok B dan C.
Setelah kelompok A dilanjutkan dengan kelompok B untuk memberikan
pertanyaan ke kelompok A dan C. Setelah kelompok B dilanjutkan dengan
kelompok C untuk memberikan pertanyaan ke kelompok A dan B. Kelompok
yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar akan mendapatkan skor. Dan
kelompok yang mendapatkan skor tertinggi itulah yang menjadi pemenangnya.
Kedua; respon yang diberikan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran
Team Quiz yaitu suka karena dapat memberikan pertanyaan kepada teman yang
akan menjadi saingannya, ada beberapa yang kurang menyukai karena masih
perlu membaca buku terlebih dahulu. Ketiga; kelebihan model pembelajaran
Team Quiz membuat siswa menjadi lebih aktif, berani dan bertanggung jawab
terhadap sesuatu. Kelemahannya yaitu memerlukan waktu yang cukup lama,
sehingga memungkinkan akan terjadi hal yang tidak diinginkan di dalam kelas.
Tidak tersedia versi lain