Text
Penerapan Metode Role Play dalam Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X di SMA Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan
Kata kunci: Metode Role Play, Keterampilan Berbicara.
Metode role play adalah pendekatan pembelajaran keterampilan sosial, empati, dan
pemecahan masalah peserta didik. Dengan melibatkan mereka dalam simulasi peran,
metode ini memberikan pengalaman praktis yang berharga yang dapat diterapkan dalam
berbagai aspek kehidupan meraka. Berbicara merupakan keterampilan yang sangat penting
dalam pembelajaran untuk mengetahui bagaimana peserta didik menyampaikan pesan
melalui bahasa lisan. Dalam penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian yang pertama,
Bagaimana Penerapan Metode Role Play Dalam Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas X
di SMA Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan? Kedua, Apa Saja Faktor Pendukung dan
Faktor Penghambat dalam Penerepan Metode Role Play Pada Keterampilan Berbicara Siswa
Kelas X di SMA Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan? Ketiga, Bagaimana Solusi Dari
Hambatan Dalam Penerapan Metode Role Play Pada Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X
di SMA Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah subjek dari mana data dapat diperoleh. Sumber
data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan 22 siswa kelas
X SMA Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan wawancara semi terstruktur, observasi,
dan dokumentasi. yang menjadi informan adalah guru dan siswa kelas X. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triagulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode role play adalah dengan cara
menyampaikan tujuan yang akan dicapai, menjelaskan materi yang akan disampaikan, membuat
naskah, melakukan proses tanya jawab, dan memberikan tugas pada siswa. Kedua, faktor
pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan metode role play yaitu: faktor pendukung:
perpustakaan, kelas yang sudah dilengkapi alat penunjang, lab bahasa. Faktor penghambat:kelas
menjadi gaduh, membutuhkan waktu yang lama, murid banyak yang masih malu. Ketiga,
Solusi:solusi dari faktor penghambat dalam penerapan metode role play yaitu, dengan melakukan
beberapa langkah seperti memberikan apresiasi kepada siswa yang tertib, memberikan batasan
waktu dalam setiap pertemuan, Dan memberikan contoh kepada siswa yang pemalu untuk memiliki
sikap percaya diri terutama pada keterampilan berbicara.
Tidak tersedia versi lain