Text
Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Laporan Percobaan Dengan Teknik Modeling Digital Pada Siswa Kelas IX Di SMPN 5 Pamekasan
Kata Kunci: Teknik Modeling digital, Menulis, Teks Laporan Percobaan
Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang sangat
penting bagi siswa mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas tanpa
memiliki kemampuan menulis yang memadai sejak dini, siswa akan merasa
kesulitan pada masa berikutnya. Dalam menulis teks laporan percobaan perlu
adanya contoh, ide dan informasi yang tepat dengan sumber tercetak dan sumber
tak tercetak. Kondisi lapangan terkait penulisan, siswa masih kebingungan dengan
penyusunan teks laporan percobaan, ada juga siswa yang kurang paham terkait
materi teks laporan percobaan sehingga ketika guru memberikan tugas, ada
beberapa siswa yang menulis teks prosedur. Hal ini perlu ditingkatkan dengan
teknik modeling digital agar penulisan teks laporan siswa menjadi lebih baik.
Fokus penelitian ini meliputi bagaimanakah proses peningkatan
kemampuan menulis teks laporan dengan teknik pemodelan pada tahap (a)
perhatian (b) retensi (c) reproduksi (d) motivasi pada siswa kelas IX di SMPN 5
Pamekasan. Kedua bagaimana hasil peningkatan kemampuan menulis teks
laporan percobaan dengan penggunaan teknik pemodelan pada aspek penilaian
teks laporan percobaan pada siswa kelas IX Ddi SMPN 5 Pamekasan.
Tujuan penelitian ini meliputi untuk menjelaskan proses peningkatan
kemampuan menulis teks laporan percobaan dengan teknik pemodelan pada tahap
(a) perhatian (b) retensi (c) reproduksi (d) motivasi pada siswa kelas IX di SMPN
5 Pamekasan. Untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan menulis teks
laporan percobaan dengan teknik pemodelan pada aspek penilaian teks laporan
percobaan pada siswa kelas IX di SMPN 5 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dengan
jenis penelitian tindakan kelas (PTK), menggunakan model PTK Kemmis dan MC
Taggart, yang terdiri dari empat komponen penting dalam setiap siklus dan
menjadi ciri khas dalam penelitian tindakan yaitu rencana, tindakan, observasi dan
refleksi. Teknik pengumpulan datanya tes, observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru dan penelitian menerapkan
teknik modeling digital pada saat proses pembelajaran dengan memanfaatkan
media digital youtube di kelas IX SMPN 5 Pamekasan tahun ajaran 2022/2023
dan mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa pada saat pembelajaran.
guru dan peneliti memberikan (a) Perhatian dengan menyediakan contoh dalam
membuat teks laporan percobaan. (b) Retensi, yakni guru dan peneliti
menganalisis teks laporan dan memberikan ingatan terkait teks laporan percobaan.
(c) Reproduksi, yakni siswa menulis teks secara utuh dan (d) Motivasi, yakni guru
dan peneliti memberikan penilaian terkait hasil siswa. Hal ini dilihat dari hasil
yang diperoleh oleh guru dan peneliti dengan penggunaan teknik modeling digital.
(2) penerapan teknik modeling digital ini mampu meningkatkan kemampuan
vii
menulis siswa kelas IX SMPN 5 Pamekasan. Hal ini ditandai dengan hasil nilai
mulai dari Pra siklus dengan nilai 55,1, siklus 1 dengan nilai 69,2, siklus 2 dengan
nilai 80,89.
Tidak tersedia versi lain