Text
Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Pelajaran Merancang Karya Ilmiah pada Siswa Kelas XI SMAN 3 Pamekasan
Kata kunci: Strategi Pembelajaran Inkuiri, Karya Ilmiah
Strategi pembelajaran inkuiri adalah pembelajaran yang melibatkan seluruh
kemampuan peserta didik secara maksimal untuk mencari dan menyelidiki
sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga peserta didik dapat merumuskan sendiri
penemuannya dengan percaya diri. Strategi pembelajaran inkuiri ini menekankan
pada proses mencari dan menemukan. Karya ilmiah ialah salah satu bentuk karya
tulis. Karya ilmiah merupakan suatu tulisan yang membahas suatu permasalahan
secara ilmiah yang dilakukan seorang penulis atau peneliti.
Dalam penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian yaitu pertama, bagaimana
perencanaan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam merancang karya ilmiah pada
siswa kelas XI SMAN 3 Pamekasan. Kedua, bagaimana pelaksanaan Strategi
Pembelajaran Inkuiri dalam pelajaran merancang karya ilmiah pada siswa kelas XI
SMAN 3 Pamekasan. Ketiga, bagaimana hasil penerapan Strategi Pembelajaran
Inkuiri dalam pelajaran merancang karya ilmiah pada siswa kelas XI SMAN 3
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informanya adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa SMAN 3 Pamekasan.
Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan ketekunan
pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan strategi
pembelajaran inkuiri dalam pelajaran merancnag karya ilmiah pada siswa kelas XI
SMAN 3 Pamekasan yaitu guru harus mempersiapkan perangkat pembelajaran
seperti prota, prosem, silabus, dan RPP, guru juga menyiapkan bahan ajar yang akan
digunakan dan juga memiliih strategi pembelajaran yang akan digunakan. (2) Siswa
lebih mudah paham karena siswa berperan aktif dalam memecahkan suatu
persoalan dengan sendirinya . (3) siswa bisa mengingat pemahamannya karena
didasari dari hasil berfikir dan menemukan sendiri jawaban dari persoalan yang
diberikan. Dari hasil pemahamannya siswa sudah bisa dalam merancang sebuah
karya ilmiah berdasarkan jenis, struktur, dan kelengkapan isinya
Tidak tersedia versi lain