Text
Analisis Peranan Tutor Sebaya Dalam Memberikan Pemahaman Materi Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VIII-D di SMPN 2 Larangan
Kata Kunci : Peranan Tutor Sebaya, Pemahaman, Materi IPS.
Guru memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan, sebagai seorang
guru tentunya harus memperhatikan kondisi kelas terutama kondisi para siswanya,
sebab tidak semua siswa dapat memahami materi pembelajaran yang diajarkan
oleh gurunya, dan terkadang siswa lebih paham apabila temannya yang
menjelaskan. Seperti permasalahan yang terjadi di SMPN 2 Larangan, sehingga
guru IPS khususnya kelas VIII-D disana menerapkan metode tutor sebaya agar
siswa dapat memahami materi pembelajaran dan siswa tidak merasa malu atau
segan untuk bertanya terkait materi yang kurang mereka pahami..Berdasarkan hal
tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian
ini, yaitu : 1), Bagaimana peranan tutor sebaya dalam memberikan pemahaman
materi Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas VIII-D di SMPN 2 Larangan;
2), Apa saja faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan tutor sebaya salam
memberikan pemahaman materi Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII-D di
SMPN 2 Larangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Adapun sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah guru IPS kelas VIII-D dan siswa kelas VIII-D di SMPN 2
Larangan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Peranan tutor sebaya dalam
memberikan pemahaman materi IPS pada siswa kelas VIII-D di SMPN 2
Larangan yaitu efektif dan mampu memberikan pemahaman kepada siswa. . Hal
ini juga diperkuat dengan dengan hasil observasi terkait analisis peranan tutor
sebaya siswa yang menunjukkan pada tingkatan menafsirkan 2 siswa ,
mencontohkan 7 siswa, mengklasifikasi 3 siswa, meringkas 3 siswa,
menyimpulkan 3 siswa, membandingkan 6 siswa, dan menjelaskan sebanyak 4
siswa. (2) Faktor pendorong dalam pelaksanaan tutor sebaya dalam memberikan
pemahaman materi IPS pada siswa kelas VIII-D di SMPN 2 Larangan, yaitu
terjalinnya rasa solidaritas, siswa dapat lebih percaya diri untuk bertanya dan
mengemukakan pendapatnya, serta siswa lebih aktif bertanya dan dapat
memahami materi yang disampaikan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu
siswa yang nakal kurang serius dalam kegiatan pembelajaran, dan para tutor
seolah menghafal kembali materi pembelajaran yang di sampaikan
Tidak tersedia versi lain