Text
Analisis Kompetensi Sosial Guru Dalam Memaksimalkan Pembinaan Disiplin Peserta Didik Kelas VIII Di MTsN 4 Pamekasan Tahun Pelajaran 2022-2023
Kata Kunci: Kompetensi Sosial Guru, Pembinaan Disiplin
Hakikatnya manusia dalam kehidupan sehari-hari akan selalu
membutuhkan orang lain dalam kehidupannya, hal itu tidak bisa dihindari oleh
semua orang sebagai makhluk sosial, apalagi berada di lingkungan sekolah dan
wilayah kehidupan masyarakat yang berkelompok dan begitu jelas perbedaannya.
Hal ini sebagaimana yang terjadi di MTsN 4 Pamekasan, disamping untuk
bagaimana mendisiplinkan peserta didik, bukan hanya sekedar memberikan sanksi
akan tetapi juga didukung oleh kompetensi sosial guru dalam berinteraksi dengan
peserta didik secara baik.
Masalah yang menjadi pokok utama dalam kajian ini adalah: 1)
Bagaimana kompetensi sosial guru dalam memaksimalkan pembinaan disiplin
peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Pamekasan? 2) Apa saja faktor pendukung
dan penghambat kompetensi sosial guru dalam memaksimalkan pembinaan
disiplin peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Pamekasan? 3) Solusi dari faktor
penghambat kompetensi sosial guru dalam memaksimalkan pembinaan disiplin
peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Pamekasan. Adapun tujuan dari penelitian ini
adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kompetensi sosial guru dalam memaksimalkan
pembinaan disiplin peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Pamekasan, 2) Untuk
mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kompetensi sosial guru
dalam memaksimalkan pembinaan disiplin peserta didik kelas VIII di MTsN 4
Pamekasan, 3) Mendiskripsikan solusi dari faktor penghambat kompetensi sosial
guru dalam memaksimalkan pembinaan disiplin peserta didik kelas VIII di MTsN
4 Pamekasan. Dalam penelitian ini lokasi yang diambil oleh peneliti adalah MTsN
4 Pamekasan. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh peneliti melalui wawancara,
observasi dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari tenaga pendidik dan
beberapa siswa MTsN 4 Pamekasan. Analisis datanya menggunakan verifikasi
dan pengecekan data. Adapun untuk memperkuat hasil penelitian yaitu dengan
memperpanjang penelitian dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama kompetensi sosial guru
dalam memaksimalkan pembinaan disiplin peserta didik kelas VIII di MTsN 4
Pamekasan yaitu melalui pembinaan secara langsung maupun tidak langsung.
Pembinaan tersebut meliputi, pembinaan kesadaran, dan pelaksanaan asas
keadilan sosial bagi seluruh peserta didik. Kedua mendeskripsikan apa saja yang
menjadi faktor pendukung dan penghambat kompetensi sosial guru dalam
memaksimalkan pembinaan disiplin peserta didik. Ketiga mampu memberikan
solusi dari faktor penghambat tersebut
Tidak tersedia versi lain