Text
Pengembangan Media Roulette Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 3 Pamekasan
Kata Kunci: Pengembangan Media, Roulette, Pembelajaran IPS
Minimnya penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran dan kurangnya
pengetahuan untuk mengembangkan media pembelajaran oleh seorang guru dapat
menyebabkan motivasi belajar siswa menurun. Hal ini disebabkan karena
pembelajaran terasa membosankan, kurang menarik dan cenderung menggunakan
metode ceramah, penugasan dan kebergantungan dengan buku teks. Akibatnya
siswa menjadi malas dan enggan mendengarkan penjelasan materi dari guru,
sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian
ini bertujuan untuk menjelaskan langkah-langkah pengembangan media roulette
serta mendeskripsikan keefektifan media roulette pada mata pelajaran IPS Kelas
VIII di SMPN 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and development)
dengan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang
terdiri dari 4 tahapan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan
cara, observasi, wawancara, instrument penelitian validasi ahli, materi dan media
serta instrumen untuk respon siswa. Adapun teknik analisis data yang dilakukan
adalah analisis data hasil validasi, analisis data keefektivan media pembelajaran
dan analisis instrumen respon siswa.
Hasil dari penelitian ini adalah 1), langkah pengembangan ini memiliki
beberapa tahapan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop
(pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). 2). Media roulette pada mata
pelajaran IPS di SMPN 3 Pamekasan efektif untuk digunakan. Berdasarkan hasil
validasi dari ahli materi dan media, rata-rata perolehan nilai oleh ahli materi
adalah 4,7 dan ahli media 4,8. Hasil dari nilai tersebut termasuk dalam rentang
dengan kriteria sangat baik, hasil Keefektifan Uji Coba Produk kelompok
kecil sebelum siswa menggunakan media roulette sebesar 41, sedangkan setelah
media roulette digunakan memperoleh nilai sebesar 76. Hasil Keefektifan Uji
Coba Produk kelompok besar memperoleh nilai rata-rata sebelum siswa
menggunakan media roulette sebesar 28,5 sedangkan setelah media roulette
digunakan memperoleh nilai sebesar 83,5 dan kemenarikan siswa sebesar 94,28.
Adanya pengembangan media roulette dapat meningkatkan motivasi belajar
sehingga siswa meperoleh peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS
Tidak tersedia versi lain