Text
Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Jurusan IPS Pada Mata Pelajaran Sejarah di MA Al-Huda Larangan Pamekasan
Kata kunci: Peran Guru, Kesulitan Belajar, Sejarah
Kesulitan belajar adalah keadaan di mana anak didik atau siswa tidak
dapat belajar sebagaimana mestinya”. Seorang siswa diduga mengalami
kesulitan belajar apabila yang bersangkutan menunjukkan kegagalan
tertentu dalam mencapai tujuan-tujuan belajarnya.
Ada dua fokus penelitian dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana
peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa jurusan IPS pada mata
pelajaran Sejarah di MA Al-Huda Larangan Pamekasan? 2). Faktor apa saja
yang menyebabkan kesulitan belajar siswa jurusan IPS pada mata pelajaran
Sejarah di MA Al-Huda Larangan Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur
pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. wawancara kepada siswa dan guru mata pelajaran Sejarah,
dan Kepala Sekolah untuk memperoleh data pendukung tentang Peran guru
dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dan faktor yang mempengaruhi ,
sedangkan dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data tentang profil
sekolah, nama-nama siswa, struktur organisasi dan dokumentasi saat
penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya guru dalam
mengatasi kesulitan belajar siswa jurusan IPS pada Mata pelajaran Sejarah
di MA Al-Huda Sumber Nangka dengan melakukan berbagai upaya
diantaranya mengolah kelas dengan baik, mesnggunakan bantuan media
pembelajaran, menguasai materi pembelajaran, memberi kesempatan siswa
untuk bertanya, memberikan dorongan motivasi kepada siswa, mengulang
kembali materi pelajaran yang sebelumnya, memberikan penjelasan materi
tidak terlalu cepat, memberikan contoh yang kongkrit dalam setiap materi
yang diajarkan.2) Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar di MA AlHuda yaitu meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal
yaitu faktor yang berasal dari dalam diri orang tersebut yang meliputi minat,
kesehatan. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar
atau lingkungan, baik itu dari keluarga, lingkungan sekolah, maupun
lingkungan masyarakat
Tidak tersedia versi lain