Text
Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Kotak Peta (Kopeta) pada Pelajaran IPS Kelas Vll di SMPN 3 Pamekasan
Kata kunci: Pengembangan Media, Kopeta, Pembelajaran IPS
Penggunaan media yang inovatif menjadi hal yang sangat krusial dalam
pemeblajaran untuk mendukung pemahaman siswa. Hal ini menjadi salah satu
pertimbangan peneliti untuk melakukan penelitian dengan desain Research and
Development dengan mempertimbangkan temuan dilapangan. Peneliti menemukan
sebuah kondisi dimana motivasi belajar siswa yang kurang dalam belajar dikelas
pada siswa kelas VII. Kemudian peneliti melakaukan wawancara dengan guru
pengajar. Fakta yang ditemukan dilapangan metivasi siswa yang kurang dalam
belajar khususnya mata pelajaran IPS karena penggunaan media oleh guru yang
hanya terbatas pada media visual dan audio visual saja. Oleh sebab itu peneliti
memutuskan untuk melakukan penelitian untuk mengembangkan media
pembelajaran untuk mata pelajaran IPS yakni Kotak Peta (Kopeta)
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan Research and
Developmen (R & D) sebagai pendekatan jenis penelitian. Peneliti menggunakan 4
instrumen dalam pengumpulan data; observasi, wawancara dan dokumentasi serta
pretest dan post test. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan analisis kuantitatif Uji-T untuk penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan media Kopeta yang dikembangkan telah
memenuhi syarat kelayakan karena telah divalidasi oleh ahli. Hasil rekapitulasi
tersebut berasal dari ahli materi 4,0 dengan kategori baik yang di deskripsikan
berkriteria valid, hasil nilai rata-rata dari ahli media sebesar 3.4 dengan kriteria baik
yang dideskripsikan berkriteria valid. Setelah produk yang dikembangkan melewati
berbagai revisi sesuai saran perbaikan dari setiap validator dan dinilai kelayakannya
oleh validator, produk diuji cobakan kepada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3
Pamekasan. Penggunaan media pembelajaran Kopeta mampu menjadikan kegiatan
pembelajaran semakin efektif . Hasil rekapitulasi uji coba lapangan pada kelompok
kecil Nilai rata-rata sebelum peserta didik menggunakan media Kopeta sebesar
49,00, sedangkan setelah menggunakan media kopeta sebesar 75,00 yang di
deskripsikan berkriteria baik atau efektif. Uji coba terakhir yang dilakukannya itu
uji coba kelompok besar terhadap 33 peserta didik. Hasil rekapitulasi uji coba
lapangan pada kelompok besar Nilai rata-rata sebelum siswa menggunakan media
Kopeta sebesar 53,6. Sedangkan setelah menggunakan media Kopeta sebesar 80,6
yang dideskripsikan berkriteria baik atau efektif.
Tidak tersedia versi lain