Text
Penanaman Nilai-Nilai Gender Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IX Di MTs Al-Mukhlishin Galis Pamekasan
Kata Kunci: Penanaman Nilai-Nilai Gender, Pembelajaran IPS, Siswa Kelas IX
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang aktifnya peserta didik perempuan
sehingga peserta didik laki-laki lebih aktif dalam proses pembelajaran IPS, hal ini
sesuai dengan hasil wawancara dengan Ibu Wardah selaku guru IPS kelas IX. Oleh
karena itu guru IPS kelas IX melakukan penanaman nilai-nilai gender dalam
pembelajaran yang dapat dilakukan di dalam kelas seperti tidak membedakan
peserta didik dalam pembelajaran dan memberi kebebasan berpendapat bagi peserta
didik serta memberikan hukuman kepada peserta didik laki-laki maupun perempuan
ketika tidak mengerjakan tugas sekolah. Hal itu untuk membekali peserta didik lakilaki dan perempuan dapat ikut berperan aktif dalam pembelajaran selain itu juga
untuk memberikan penyadaran akan gender kepada peserta didik.
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Menjelaskan penanaman nilai-nilai
gender dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IX di MTs Al-Mukhlishin Galis
Pamekasan. 2) Menjelaskan kendala penanaman nilai-nilai gender dalam
pembelajaran IPS pada siswa kelas IX di MTs Al-Mukhlishin Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
deskriptif. Lokasi penelitian ini di MTs Al-Mukhlishin Galis. Penentuan informan
menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dengan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dengan analisis data non
statistik. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Penanaman nilai-nilai gender dalam
pembelajaran IPS pada siswa kelas IX di MTs Al-Mukhlishin Galis Pamekasan
yaitu dilakukan dengan cara peserta didik diberikan kebebasan berpartisipasi dalam
pembelajaran. Nilai-nilai gender yang di tanamankan yakni meliputi kesetaraan
gender dan keadilan gender dimana semua peserta didik tidak di beda-bedakan dari
segi apapun. Langkah-langkah yang digunakan untuk menanamkan nilai-nilai
gender yakni melalui pembiasaan, melalui pengalaman, melalui keteladanan,
melalui emosional, dan melalui pendekatan fungsional. 2) Kendala penanaman
nilai-nilai gender dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IX di MTs AlMukhlishin Galis Pamekasan yaitu terkait dengan penyampaiannya tidak ada
masalah, guru selalu bersikap adil serta memberi kebebasan kepada siswa dan siswi
untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran akan tetapi yang sering berperan
aktif dalam kegiatan pembelajaran adalah siswa laki-laki dan siswi perempuan
masih cenderung malu-malu (kurang aktif)
Tidak tersedia versi lain