Text
Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Ix Di Mts Al-Qadiry Sentol Pademawu Pamekasan
Kata kunci : Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads
Together (NHT), Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode
pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata
pelajaran IPS kelas IX di MTs AL-Qadiry Sentol Pademawu Pamekasan. Menurut
Spencer Kagan (Dalam Isjoni, 2011:78) NHT merupakan teknik pembelajaran
yang memberikan kesempatan pada siswa untuk saling membagikan ide-ide dan
pertimbangan jawaban yang paling tepat. Berdasarkan teori tersebut (NHT)
merupakan salah satu teknik pembelajaran yang mengkondisikan siswa untuk
mampu memadukan, menarik kesimpulan beragam pikiran dari hasil bertukar
gagasan atau pendapat sesama teman dalam kelompoknya. Untuk membuktikan
penerapan metode Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di MTs ALQadiry Sentol Pademawu Pamekasan.
Peneliti ini mengguinakan pendekatan metode Penelitian Tindak Kelas
(PTK). Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. yang di laksanakan 2 siklus (6x pertemuan) yang terdiri dari 4
tahap: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan datanya:
Observasi, angket, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian pada siklus 1: diperoleh persentase ketercapaian guru
dalam melaksanakan pembelajaran sebesar 2,86 atau kategori baik. Proses
pembelajaran menggunakan metode Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head
Together (NHT). Diketahui bahwa hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh
jumlah rata-rata 62,9 % dengan kategori cukup baik. Siswa yang tuntas sebanyak
14 orang siswa dan 15 siswa sisanya belum tuntas. namun ketuntasan belajar
siswa yang diperoleh dalam siklus I masih kurang dan belum mencapai indikator
keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini. Maka penelitian
meneruskan pada siklus 2: diperoleh persentase ketercapaian guru dalam
melaksanakan pembelajaran dengan tergolong baik dengan rata-rata 3,78. Pada
Proses pembelajaran menggunakan metode Pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Head Together (NHT). Setelah dilaksanakan observasi aktivitas guru,
tahap melakukan observasi dalam mengetahui peningkatan siswa setiap siklus
yaitu diadakan tes kognitif. diketahui bahwa hasil belajar siswa secara klasikal
diperoleh jumlah rata-rata 7,67 % dengan kategori baik. Siswa yang tuntas
sebanyak 26 orang siswa dan 3 siswa sisanya belum tuntas. disimpulkan bahwa
penerapan Metode pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together
(NHT) telah sesuai dengan yang apa diharapkan atau direncanakan dan
merupakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa
Tidak tersedia versi lain