Text
Strategi GuruIPS Dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas VIII dalam sistem full day school di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan
Kata kuci: Strategi, Kejenuhan, Full day school
Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya peristiwa yang
menggambarkan kejenuhan belajar siswa yang dialami oleh kelas VIII dalam
salah satu sekolah yang menggunakan sistem full day school yaitu SMP Plus
Nurul Hikmah Pamekasan. Dibuktikan dengan masih banyak siswa yang
mengalami kejenuhan belajar dikarenakan jam belajar yang panjang, yang dimulai
dari pagi hingga sore. Hal ini mengakibatkan anak menjadi jenuh ataupun bosan,
contohnya saja anak mengantuk saat jam pelajaran, bermain sendiri, dan tidak
fokus dalam belajar. Hal ini sering terjadi terjadi setelah sholat duhur, karena
siswa kelas VIII utamanya selesai melaksanakan ISHOMA.
Adapun fokus penelitian ini penelitian ini yang pertama, Bagaimana
Strategi guru IPS dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa dalam sistem full day
school kelas VIII di SMP Plus Nurul Hikmah, Pamekasan? Dan yang kedua, Apa
saja faktor pendukung dan penghambat guru IPS dalam mengatasi kejenuhan
belajar siswa dalam sistem full day school kelas VIII di SMP Plus Nurul Hikmah,
Pamekasan?. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Bagaimana Strategi
guru IPS dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa dalam sistem full day school
kelas VIII di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Dan untuk Menentukan Apa
saja faktor pendukung dan penghambat guru IPS dalam mengatasi kejenuhan
belajar siswa dalam sistem full day school kelas VIII di SMP Plus Nurul Hikmah
Pamekasan.
Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dimana
disini menarasikan atau mendeskripsikan permasalahan yang terjadi secara lebih
mendalam, Penelitian ini mengunakan Teknik penemuan data langsung dari
lapangan dengan mengunakan observasi, wawancara, dan juga dokumentasi.
Dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Hasil penelitian yang pertama, yaitu Cara yang di gunakan oleh guru IPS
dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas VIII Smp Plus nurul hikmah
dengan menggunakan strategi ice breaking, memberikan motivasi serta metode
belajar yang bervariasi. Sedangkan faktor pendukung guru dalam mengatasi
kejenuhan belajar berasal dari media pembelajaran dan metode belajar yang
bervariasi. Dan utuk faktor penghambatnya yaitu berasal dari guru sendiri, siswa
dan keluarga.
Tidak tersedia versi lain