Text
Strategi Pemasaran Dermaga Batik Di Desa Pragaan Laok Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, dan Mempertahankan Loyalitas Pelanggan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya faktor-faktor yang timbul dalam
loyalitas pelanggan. Diantaranya kepuasan, ikatan emosi, kepercayaan, kemudahan dan
pengalaman dengan perusahaan. Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, sebuah
perusahaan harus mempunyai strategi-trategi pemasaran untuk diterapkan. Pada Dermaga
Batik untuk mampu mempertahankan loyalitas pelanggan mereka menerapkan beberapa
aspek dalam manajemen produksi yang berupa perencanaan, pengendalian, dan
pengawasan produksi untuk menciptakan loyalitas.
Berdasarkan hal tersebut ada 2 fokus penelitian yang menjadi acuan kajian peneliti,
yaitu: Pertama Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh Dermaga Batik dalam
mempertahankan loyalitas pelanggan?. Kedua Bagaimana kekuatan dan kelemahan
strategi yang dilakukan oleh Dermaga Batik dalam mempertahankan loyalitas
pelanggan?.
tujuan penelitian ini adalah yang pertama untuk menganalisa strategi pemasaran
yang dilakukan oleh Dermaga Batik dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Yang
kedua untuk menganalisa kekuatan dan kelemahan strategi pemasaran yang dilakukan
oleh Dermaga Batik dalam mempertahankan loyalitas pelanggan.
Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.
Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam terhadap
informan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis studi lapangan yang mencari aspek-aspek
keterkaitan dari manajemen produksi dan analisis faktor internal pada perusahaan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Strategi pemasaran dalam
mempertahankan loyalitas pelanggan dengan faktor internal yang menjadi kekuatan yaitu
industri milik pribadi, memiliki izin usaha dan hak merek, produk yang dihasilkan tetap
dan sesuai dengan ciri khas, mempertahankan kualitas produk dengan menjaga hubungan
baik antar pemilik dengan karyawan dan mampu bertahan dengan kualitas produk.
Kedua, Efektifitas Strategi dalam mempertahankan loyalitas pelanggan adalah melakukan
perencanaan produksi dengan memperhatikan kualitas dan kuantitas produk, melakukan
pengendalian produksi dengan melaksanakan tahapan perencanaan produksi yang sesuai
dengan sasaran (segmentasi pasar), dan melakukan pengawasan produksi dengan
mempertahankan kualitas dan efisiensi waktu.
Tidak tersedia versi lain