Text
Implementasi Marketing Mix di PT. Telkom Pamekasan
Kata Kunci: Implementasi Marketing Mix
Dalam melakukan pemasaran untuk mencapai pasar sasaran yang diingikan,
perusahaan menggunakan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Marketing
mix adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terusmenerus mencapai tujuan pemasarannya pada pasar yang menjadi sasaran dengan
beberapa strategi terhadap masingmasing komponen yang terdiri dari produk,
harga, tempat, promosi. Di dalam marketing mix terdapat strategi produk (product),
harga (price), distribusi (place), promosi (promotion), orang (people), proses
(process), dan lingkungan fisik (Physical Evidence).
Berdasarkan hal tersebut, terdapat dua pembahasan yang menjadi fokus
dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana implementasi marketing mix PT.
Telkom Pamekasan; Kedua, Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan
penghambat dalam penerapan marketing mix PT. Telkom Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif pendekatan deskriptif
dengan tiga prosedur pengumpulan data yaitu: wawancara semi struktur, observasi
non partisipan dan dokumentasi berupa manager, supervisor dan staff PT. Telkom
Pamekasan serta beberapa pembeli. Untuk menganalisis data, peneliti
menggunakan beberapa langkah yaitu analisis data seperti reduksi data,
pengurangan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan peneliti dan tringulasi
sumber data.
Dari penelitian ini penulis dapat menyimpulkan, implementasi marketing
mix PT. Telkom Pamekasan sudah melakukannya dengan baik. Marketing Mix
yang dilakukan PT. Telkom Pamekasan meliputi produk (product) berbagai macam
produk, harga (price) memberikan harga sesuai dengan produknya, tempat (place)
dengan tempat yang strategis, promosi (promotion) memanfaatkan sosial media,
orang (people) dengan pemberian syarat-syarat terntu pada saat perekrutan
karyawan, proses (process) dengan memberikan kepastian kepada pelanggan
bahwa proses baik dari proses order, survei, pemasangan sampai pada tahap
pembayaran tidak akan berbelit-belit, lingkungan fisik (physical evidence) dengan
memberikan kenyamanan berupa desain ruangan dan berbagai pelayanan yang ada
di PT. Telkom Pamekasan. Faktor pendukung yaitu ada berbagai macam pilihan
produk sesuai dengan harga yang sudah ditentukan, Mudahnya mengakses lokasi,
adanya kemajuan teknologi dengan memanfaatkan sosial media, kerja sama dan
pendirian stand, memberikan kenyamanan dan proses yang cepat. Faktor
penghambat yaitu jangkauan pasar yang cukup luas, banyak menawarkan harga
rendah namun kuota besar, proses pendaftaran dan stok alat tambahan yang tidak
ada yang membuat calon pelanggan merasa terganggu apabila sedang ramai
Tidak tersedia versi lain