Text
Analisis Metode Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen pada Usaha Genteng di Desa Tlambah Kecamatan Karang Penang Sampang dalam Perspektif Islam
Kata Kunci:Bauran Pemasaran, Meningkatkan Minat Beli, Ekonomi Islam.
Pemasaran merupakan elemen penting dalam sebuah bisnis yang bertujuan
untuk meningkakan keuntungan bagi suatu perusahaan. Dimana pemilik usaha
saling berlomba-lomba untuk dapat meningkatkan pertumbuhan usahanya secara
maksimal. Selain itu strategi pemasaran dilakukan untuk memperkenalkan suatu
produk sehingga dapat dikenal dan meningkatkan minat beli konsumen secara
luas pada usaha genteng yang didirikan oleh H. Nito. Berdasarkan hal tersebut
maka terdapat dua permasalahn yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini,
yaitu: pertama, bagaimana bauran pemasaran dalam meningkatkan minat beli
konsumen pada usaha genteng H. Nito di desa tlambah kecamatan karang penang
sampang; kedua, bagaiman implementasi ekonomi islam pada usaha genteng H.
Nito di desa tlambah kecamatan karang penang sampang.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif
menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil lokasi di desa tlambah
kecamatan karang penang sampang. Penggalian data dalam penelitian ini
dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik
analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi
data dilanjutkan dengan pengecekan keabsahan data.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat menghasilkan
kesimpulan, pertama, bauran pemasaran yang digunakan oleh usaha genteng H.
Nito yang diharapkan dapat meningkatkanminat beli konsumen dengan
mengutamakan pada kualitas produk, memberikan harga yang kompetitif dan
terjangkau serta menjaga kepercayaan konsumen. Usaha genteng H. Nito juga
mengutamakan kemudahan untuk para konsumennya agar tidak ada yang merasa
dirugikan dari semua pihak. Kedua, bauran pemasaran dalam pandangan ekonomi
islam telah memenuhi prinsip-prinsip syariah mulai dari proses pembuatan
genteng hingga pemasarannya. Usaha genteng H. Nito sangat mengutamakan
prinsip kejujuran dan keadilan karena hal demikian merupakan suatu pokok dalam
berbisnis untuk tetap menjaga nama baik perusahaan, memberikan pelayanan
yang baik juga diterapkan oleh perusahaan genteng H. Nito guna memberikan
kenyamanan bagi konsumennya
Tidak tersedia versi lain