Text
Pengaruh Motivasi Usaha dan Lingkungan Terhadap Minat Usaha Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Madura Angkatan 2018
Kata Kunci: Kewirausahaan, Pengetahuan, Mahasiswa
Kewirausahaan saat ini sudah banyak ditanamkan melalui pendidikan dan
salah satunya pada mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAIN Madura angkatan
2018. Penanaman pengetahuan terhadap mahasiswa diharapkan nantinya
mahasiswa tidak hanya berharap dapat bekerja pada instansi pemerintah maupun
swasta, akan tetapi diharapkan juga dapat mendirikan sebuah usaha mandiri,
sehingga dapat menampung orang lain untuk bekerja. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh motivasi usaha dan lingkungan terhadap minat usaha
mahasiswa prodi ekonomi syariah iain madura angkatan 2018.
Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan analisis regresi linear berganda. Adapun cara pengambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan non probality sampling dengan metode
pemilihan sampel yaitu insidental sampling. Penelitian ini menggunakan 68
responden dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data menggunakan uji f, uji t
dan uji r
Hasil uji F tersebut diperoleh Fhitung sebesar 69,992 dengan tingkat
signifikan sebesar 0,000 (lebih kecil dari 0,05) sedangkan nilai jika Ftabel sebesar
3,14 . Berarti nilai Fhitung 69,992 > Ftabel 3,14 dan tingkat signifikan 0,000 <
0,05 Maka dapat disimpulkan bahwa hipotetis ketiga diterima yaitu variabel
motivasi usaha (X1) dan Lingkungan (X2) berpengaruh secara simultan terhadap
variabel Y minat usaha mahasiswa prodi Ekonomi Syariah IAIN Madura angkatan
2018. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji t nilai signifikan Variabel Motivasi
usaha (X1) diperoleh thitung 5,599 , nilai ttabel untuk model regresinya yaitu
1,996. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan
nilai thitung 5,599 > ttabel 1,996. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
variabel motivasi usaha (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat usaha.
Variabel lingkungan (X2) diperoleh thitung 3,283, nilai t tabel untuk model
regresinya yaitu 1,996. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan
0,002 < 0,05 dan nilai thitung 3,283 > ttabel 1,996. dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa variabel lingkungan (X2) berpengaruh signifikan terhadap
minat usaha. Hasil analisis koefisien determinasi terlihat bahwa R square adalah
0,591 atau 59,1%. Hal ini berarti bahwa variabel independen motivasi usaha (X1),
lingkungan (X2) mampu mempengaruhi (Y) sebesar 59,1%. Sedangkan sisanya
(100% - 59,1% = 40,9%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak
diperhitungkan dalam analisis penelitian ini
Tidak tersedia versi lain