Text
Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Teri Krispi Rosin Di Desa Dungkek Kecamatan Dungkek
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Meningkatkan Penjualan, Produk Teri Krispi Rosin
Produk teri krispi Rosin merupakan bahan olahan dengan menggunakan tepung dan
beberapa bumbu lainnya sehingga menjadi teri krispi. Teri krispi Rosin memiliki berbagai
varian rasa mulai dari original, balado, barbeqiu, serta hot spicy. Ibu Rosmainah selaku
pemilik usaha teri krispi Rosin di Desa Dungkek sudah menjalankan usaha tersebut dari
tahun 2019 sampai sekarang, adapun usaha yang dijalani menggunakan strategi yang cukup
sederhana, meskipun menggunakan strategi yang cukup sederhana omset penjualannya tetap
stabil atau meningkat.
Tujuan masalahnya ada dua, yaitu: pertama bagaimana strategi pemasaran dalam
meningkatkan penjualan produk teri krispi Rosin di Desa Dungkek Kecamatan Dungkek,
kedua apa saja peluang dan hambatan dalam meningkatkan penjualan teri krispi Rosin di
Desa Dungkek Kecamatan Dungkek.
Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis lapangan
(Fieldresearch). Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui wawancara,
observasi, dokumentasi, informasinya adalah pemilik usaha produk teri krispi Rosin,
karyawan, serta konsumen.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: pertama, Ibu Rosmainah pemilik produk teri
krispi Rosin menggunakan strategi pemasaran 4p (Product, price, place, promotion), dari
segi produk adalah dengan memberikan label atau nama terhadap produknya agar lebih
mudah dikenal oleh konsumen, memiliki Sertifikasi jaminan Produk Halal (SJPH), harga
mulai dari 100g Rp. 12.500, 200g Rp. 20.000, 250g Rp. 35.000, dan 500g Rp. 62.500,
mendistibusikan di tempat dan juga luar kota, strategi promosi yang dilakukan ialah secara
face to face, dan menggunakan media sosial WhatsApp saja. Peluang dalam meningkatkan
penjualan teri krispi Rosin adalah dengan adanya kesetiaan pelanggan, serta dengan adanya
SJPH (sertifikasi Jaminan Produk Halal). Sedangkan hambatan dalam meningkatkan
penjualan produk teri krispi Rosin, ketika konsumen membeli produk teri krispi Rosin
dengan pembayaran tidak lunas atau secara kredit dengan jangka waktu yang lumayan lama,
sehingga berakibat lambatnya modal yang akan digunakan kembali serta banyaknya jumlah
pemesanan teri krispi Rosin, sedangkan ikan teri hanya dapat diperoleh pada musim-musim
tertentu
Tidak tersedia versi lain