Text
Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Pelanggan UD. Sumber Baru di Desa Ambat Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Strategi Pemasaran.
UD. Sumber Baru merupakan unit usaha milik perorangan yang bergerak
dalam pendistribusian air bersih bagi masyarakat. Usaha perorangan ini dapat
dikatakan sebagai usaha yang baru berdiri yaitu pada tahun 2021. Meskipun masih
tergolong sebagai usaha baru yang sudah dapat mendistribusikan air bersih pada
20% kartu keluarga di Desa Ambat, Kec. Tlanakan, Kab. Pamekasan. Hal tersebut
merupakan suatu pencapaian yang diperoleh UD. Sumber Baru. Kebutuhan
masyarakat di Desa Ambat akan air bersih sangat tinggi. Hal ini dikarenakan lokasi
di desa tersebut terletak di dekat pesisir pantai yang sangat minim akan adanya air
bersih yang digunakan untuk kebutuhan masyarakat. Berangkat dari kondisi
tersebut, setiap usaha pastinya ingin berkembang sehingga untuk bisa memperoleh
pelanggan yang lebih banyak, maka dari itu perlu adanya strategi pemasaran dalam
upaya meningkatkan jumlah pelanggan pada perusahaan tersebut. penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dikembangkan dalam upaya
meningkatkan jumlah pelanggan UD. Sumber Baru serta pertumbuhan pelanggan
pada UD. Sumber Baru.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif, dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan karena data yang
diperoleh dari objeknya langsung. Peneliti bertindak sebagai instrumen pengumpul
data di lokasi yang diteliti. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer
dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi non
partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi.
Strategi pemasaran yang digunakan UD. Sumber Baru di Desa Ambat untuk
menarik pelanggan supaya bergabung menggunakan jasa air bersih di UD. Sumber
Baru yaitu menekankan pada teknik personal selling dengan cara mendatangi
rumah-rumah warga atau menelponnya dengan menjelaskan mengenai perusahaan
air bersih ini, mulai dari harga, kualitas sampai ke penyalurannya. UD. Sumber
Baru mengalami peningkatan jumlah pelanggan setiap bulannya dengan rata-rata
penambahan pelanggan yaitu 14 pelanggan perbulan. Hal tersebut terjadi
dikarenakan UD. Sumber Baru memaksimalkan pendekatan atau promosi kepada
masyarakat dengan menggunakan strategi yang telah dipaparkan sebelumnya
Tidak tersedia versi lain