Text
Pengaruh Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen di Swalayan Apollo Pamekasan
Kata kunci: Kinerja Karyawan, Kepuasan Konsumen
Swalayan Apollo Pamekasan merupakan swalayan yang berada di jalan
Trunojoyo Nomor 15-17 kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Swalyan
Apollo merupakan salah satu swalayan yang bergerak di bidang ritel dan grosir yang
mengutamakan kepuasan pelanggannya, untuk menciptakan kepuasan bagi
pelanggannya maka harus melakukan pelayanan yang baik. Dengan adanya
pelanyanan yang baik di dalam suatu perusahaan, akan menciptakan kepuasan bagi
konsumennya, setelah konsumen merasa puas dengan produk atau jasa yang
diterimanya, konsumen akan membandingkan dengan pelayanan yang diberikan.
apabila konsumen merasa benar-benar puas, konsumen akan membeli ulang serta
memberi rekomendasi kepada orang lain untuk membeli ditempat yang sama.
Swalayan Apollo adalah salah satu swalayan yang bergerak dibidang ritel dan grosir
sehingga harganya relatif murah, Oleh karena itu Swalayan Apollo harus memikirkan
pentingnya pelayanan konsumen secara lebih matang melalui kinerja karyawan,
karena kini semakin disadari bahwa kepuasan konsumen merupakan aspek vital
dalam rangka bertahan dalam bisnis dan memenangkan persaingan, terutama dalam
kegiatan bisnis ritel yang sudah banyak keberadaannya, baik di kota-kota maupun di
desa-desa.
Penelitian ini dilakukan untuk menjawab beberapa rumusan masalah pertama,
apakah kinerja karyawan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Swalayan Apollo
Pamekasan dan yang kedua berapa besar pengaruh kinerja karyawan terhadap
kepuasan konsumen di Swalayan Apollo Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut, maka
yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja
karyawan terhadap kepuasan konsumen di Swalayan Apollo Pamekasan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu
menggunakan analisis statistik dan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh konsumen Swalayan Apollo Pamekasan. Teknik pengambilan sampel di
penelitian ini menggunakan nonprobability sampling. Pengambilan sampel
menggnakan rumus Lemeshow dengan jumlah responden sebanyak 100 responden.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier
sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, kinerja karyawan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen di Swalayan Apollo Pamekasan.
Berdasarkan hasil uji t didapatkan nilai t hitung 5,983 > t tabel 1,984 dengantingkat
signifikan 0,00 < 0,05. Kedua, dari hasil koefisien determinasi diperoleh nilai R
square sebesar 0,260 (26,0%) yang menujukkan bahwa besarnya pengaruh kinerja
karyawan terhadap kepuasan konsumen di Swalayan Apollo Pamekasan sebesar
26,0% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diperhitungkan di
penelitian ini
Tidak tersedia versi lain