Text
Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Rumah Makan Asela
Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan
Pembelian.
Rumah makan di kecamatan Camplong yang telah berkembang pesat salah
satunya adalah Rumah Makan Asela yang telah menjadi tujuan kuliner para
konsumen, berbagai jenis makanan dan minuman dijual dengan harga yang
bervariasi. Rumah Makan Asela dipilih sebagai objek penelitian, dimana terdapat
beberapa layanan yang perlu dikembangkan atau diperbaiki untuk meningkatkan
minat konsumen dalam memutuskan pembeliannya.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisa pengaruh kualitas
produk, harga, promosi, dan kualitas pelayanan secara simultan dan parsial terhadap
keputusan pembelian konsumen serta variabel manakah yang paling dominan
berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada Rumah Makan Asela.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
asosiatif kausal. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda
dengan teknik Purposive Sampling sebanyak 100 responden. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah kuesioner (angket) dengan skala likert. Analisis data
dilakukan dengan program SPSS.
Hasil uji F (uji simultan) diperoleh nilai Fhitung > Ftabel sebesar 6,650 > 2,47
dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 menunjukkan variabel kualitas produk,
harga, promosi, dan kualitas pelayanan jika diuji secara simultan berpengaruh
positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada Rumah Makan Asela. Nilai
R Square diperoleh sebesar 0,223 atau 22,3%. Variabel Kualitas Produk (X1) secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Hal ini
terbukti dari hasil uji t yang memiliki nilai thitung (2,733) > ttabel (1,985) dengan nilai
signifikan sebesar 0,007 < 0,05. Variabel Harga (X2) berpengaruh signifikan
terhadap Keputusan Pembelian Konsumen, terbukti dari nilai thitung (3,759) > ttabel
(1,985) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Variabel Promosi (X3) secara
parsial tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen, terbukti dari
nilai thitung (1,173) < ttabel (1,985) dengan nilai signifikan sebesar 0,244 > 0,05.
Sedangkan Variabel Kualitas Pelayanan (X4) memiliki nilai thitung (1,311) < (1,985)
dengan nilai signifikan sebesar 0,193 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
variabel Kualitas Pelayanan (X4) secara parsial tidak berpengaruh terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen. variabel Harga merupakan variabel yang paling
dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, terbukti dari nilai
koefisien sebesar 0,267 atau 26,7% dan nilai thitung (3,759) > ttabel (1,985) dengan
nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05
Tidak tersedia versi lain