Text
Pengaruh Halal Lifestyle, Brand Image, dan Product Quality terhadap Keputusan Pembelian Produk Elzatta (Studi pada Konsumen di Toko Elzatta Kota Pamekasan)
Kata Kunci: Halal Lifestyle, Brand Image, Product Quality, Keputusan
Pembelian
Fashion halal di indonesia semakin berkembang dengan adanya brandbrand busana muslim seperti halnya Elzatta. Elzatta merupakan salah satu brand
yang memperkuat fashion hijab di Indonesia sejak tahun 2012. Elzatta telah
memiliki toko-toko resmi sebanyak 250 toko yang tersebar di berbagai kota di
seluruh Indonesia, salah satunya yakni di Kota Pamekasan. Pamekasan sendiri
penduduknya dominan beraga Islam dan dikenal dengan julukan kota “Gerbang
Salam”, yakni gerakan bersama agar masyarakat Pamekasan mempunyai sikap
yang islami atau bisa diartikan agar masyarakat Pamekasan memiliki gaya hidup
halal (halal lifestyle) dalam kehidupannya. Survei dilakukan terhadap 30 konsumen
Elzatta di toko Elzatta Pamekasan mengenai alasan mereka membeli produk dari
merek ini, dimana sebanyak 24 orang diantaranya menjawab karena kualitas produk
Elzatta dan 6 orang lainnya menjawab karena merek atau brand Elzatta itu sendiri.
Oleh karena itu, peneliti akhirnya tertarik untuk meneliti apakah halal lifestyle,
brand image, dan product quality berpengaruh terhadap keputusan pembelian
produk Elzatta di toko Elzatta Kota Pamekasan baik secara simultan maupun
parsial. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah halal
lifestyle, brand image, dan product quality memiliki pengaruh baik secara simultan
maupun parsial terhadap keputusan pembelian produk Elzatta di toko Elzatta Kota
Pamekasan.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi
dalam penelitian ini yakni seluruh konsumen Elzatta Pameksan yang jumlahnya tak
terhingga dan jumlah sampel yang dibutuhkan sebanyak 100 responden. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan
karakteristik: (1) Pernah membeli produk Elzatta di toko Elzatta Pamekasan
minimal 1 kali. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan kuesioner
tertutup dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi
linier berganda dengan SPSS versi 24.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengaruh Halal Lifestyle,
Brand Image, dan Product Quality secara simultan berpengaruh terhadap keputusan
pembelian produk Elzatta dengan tingkat pengaruhnya sebesar 52% dan sisanya
48% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini (2)
Halal Lifestyle secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk
Elzatta (3) Brand image secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan
pembelian produk Elzatta (4) Product quality secara parsial berpengaruh terhadap
keputusan pembelian produk Elzatta
Tidak tersedia versi lain