Text
Strategi Pemasaran Industri Paving Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan DiBUMDesKarang AlamKarang Penang Sampang
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Omzet Penjualan
Di era globalisasi ini, Strategi pemasaran dalam bisnis sangatlah penting
untuk mencapai target omzet penjualan, dan tentunya memerlukan strategi
pengembangan usaha yang baik, Agar usaha tersebut dapat mencapai tujuannya
yang mana tujuannya adalah kepuasan pelanggan kemudian meningkatkan omzet
penjualan, apabila pelanggan puas maka suatu bisnis akan mampu
mempertahankan dan menarik pelanggan, apabila bisnis sudah mampu
mempertahankan dan mampu menarik pelanggan maka omzet penjualanpun akan
meningkat, omzet penjualan merupakan jumlah dari keseluruhan penjualan barang
dan jasa selama priode tertentu untuk menghindari gagalnya suatu bisnis maka
tuntutan bagi setiap pembisnis untuk meningkatkan strategi pemasarannya guna
meningkatkan omzet penjualan dengan mengatur strategi pemasaran dengan baik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif dengan
jenis penelitian deskriptif. Sumbe rdata yang diperoleh melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah direktur,
karyawan dan konsumen BUMDes Karang Alam karang Penang sampang.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran
industri paving dalam meningkatkan omzet penjualan diBUMDes Karang Alam
Karang Penang Sampang dan kendala strategi pemasaran industri paving dalam
meningkatkan omzet penjualan diBUMDes Karang Alam Karang Penang
sampang.
Hasil dari penelitian ini yaitu; strategi yang digunakan diBUMDes Karang
Alam Karang Penang sampang yaitu dengan menggunakan 4p 1) Produk
(product), dimana BUMDes menyediakan produk yang berkualitas dengan 2
kualitas dan varian-varian dari persegi. 2) Harga (Price), dimana harga
menyesuaikan dengan kualitas produk atau bahan materialnya terhitung dari setiap
meter paving yaitu seharga 60.000 untuk kualitas 1 dan 70.000 untuk kualitas 2
dan bisa dijangkau oleh konsumen. 3) Promosi (Promotion), promosi yang
digunakan diBUMDes Karang Alam Karang Penang sampang yaitu menggunakan
personal selling dengan memanfaatkan konsumen, keikut sertaan mayarakat
penduduk desa Karang AlamKarang Penang sampang dan juga memanfaatkan
media sosial yang ada namun belum dimaksimalkan. 4) Tempat (Place), terletak
di desa Karang Alam Karang Penang sampang berada berdekatan dengan rumah
kepala desa, dengan pelayanan dari distributor yang cukup baik yaitu dengan
bersikap ramah, jujur, dan bertanggung jawab. Dan juga dengan menyediakan jasa
antar pasang paving guna untuk memuaskan konsumen
Tidak tersedia versi lain