Text
Analisis Marketing Mix Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Dapoer Aloma Kabupaten Pamekasan)
Kata Kunci: Marketing Mix, Volume Penjualan, Ekonomi Islam
Perekonomian diera sekarang tentunya tidak lepas dari pentingnya sebuah
strategi. Banyak Strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan dan
menarik konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan oleh produsen. Salah
satu strategi yang banyak digunakan oleh perusahaan yaitu Marketing Mix
strategy (Strategi Bauran Pemasaran). Bauran Pemasaran umunya memfokuskan
diri pada produk, penetapan harga, kebijakan distribusi, dan cara promosi. Bauran
pemasaran merupakan suatu strategi penjualan atau promosi yang bersifat unik
serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan untuk
pasar yang dituju. Adapun bauran pemasaran yaitu dibagi menjadi empat
Variabel, yang meliputi: Produk, harga, promosi tempat. Penelitian ini bertujuan
untuk, pertama mengetahui strategi marketing mix dalam meningkatkan Volume
Penjualan pada Dapoer Aloma Kabupaten pamekasan. Kedua, untuk mengetahui
penerapan marketing mix menurut perspektif Ekonomi Islam pada Dapoer Aloma
Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Artinya dalam pendekatan kualitatif hanya menekankan pada Quality.
Sedangkan jenis penelitian Deskripstif merupakan penelitian yang bersifat
memaparkan atau mengambarkan secara lengkap tentang objek yang diteliti.
Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi,
Dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan, Pertama marketing mix dalam meningkatkan
volume penjualan pada Dapoer Aloma Dilihat dari produk berkualitas, Promosi
yang sangat Menarik, ramah dan efektif, dengan memberikan diskon serta give
way setiap bulannya. Serta mempromosikan lewat media sosial. Jika dilihat dari
harga terjangkau sesuai dengan kualitas produk. Jika ditinjau dari tempat Dapoer
Aloma memiliki tempat yang strategis karana berada dipusat kota, dan tempatnya
sangat bersih dan steril serta unik. Kedua, penerapan Marketing Mix Dapoer
Aloma Kabupaten Pamekasan Sudah Sesuai dengan Ekonomi Islam. Dilihat dari
Produknya dibuat dari bahan-bahan yang berlabel halal serta dijamin kesuciannya.
Jika dilihat dari harganya pemilik menetapkan harga terjangkau disesuaikan
dengan kualitas produk, sudah sesuai dengan penetapan harga dalam islam.
Promosi dilakukan dengan adanya testi atau percobaan kepada pelanggan supaya
tidak ada unsur penipuan antara penetapan brosur dengan fakta dilapangan.
Dilihat dari tempat, bukan sengketa, bersih dan rapi, sehingga pengunjung
merasa puas, dengan adanya penerapan empat komponen tersebut meliputi
product,place, price dan promotion memberikan pengaruh terhadap volume
penjualan
Tidak tersedia versi lain