Text
Strategi Pemasaran Syariah Pada Toko Iszaza Kosmetik Pamekasan Guna Meningkatkan Kuantitas Penjualan
Kata Kunci: Strategi Pemasaran Syariah, Toko Iszaza Kosmetik Pamekasan,
Kuantitas Penjualan.
Strategi adalah suatu rencana yang disatukan menyeluruh untuk
memastikan tujuan utama perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaa yang
tepat. Terutama dalam hal pemasaran perlu adanya strategi yang tepat, karena
strategi pemasaran dilakukan untuk memperkenalkan suatu produk pada para
konsumen, sehingga strategi pemasaran yang dilakukan oleh penjual dapat
meningkatkan kuantitas penjualan pada Toko Iszaza Kosmetik Pamekasan yang
dilandasi dengan nilai-nilai Islam sesuai dengan prinsip strategi pemasaran
syariah.
Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat permasalahan yang akan menjadi
kajian pokok dalam dalam penelitian ini, yaitu: untuk mengetahui dan
menganalisis bagaimana strategi pemasaran syariah pada toko iszaza kosmetik
pamekasan guna meningkatkan kuantitas penjualan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian berupa
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan metode
wawancara semi-terstruktur. Data-data yang terkumpul berupa data primer yang
didapat peneliti dengan mendatangi langsung objek penelitian untuk memperoleh
data informasi secara langsung. Informannya adalah pemilik, karyawan dan
pembeli produk pada Toko Iszaza Kosmetik Pamekasan. Kemudian peneliti akan
menganalisis hasil wawancara untuk diambil kesimpulannya.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah strategi
pemasaran syariah yang dilakukan oleh pemilik Toko Iszaza Kosmetik Pamekasan
yaitu dengan menggunakan strategi pemasaran sesuai dengan karakteristik
pemasaran syariah yang terdiri dari ketuhana (rabbaniyah), etis (akhlaqiyyah),
realistis (al-waqiyyah), dan humanistis (insaniyah), dan dipadukan dengan bauran
pemasaran (marketing mix) berupa produk (product), harga (price), saluran
distribusi (place) dan promosi (promotion) secara syariah sehingga dapat
meningkatkan kuantitas penjualannya
Tidak tersedia versi lain