Text
Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Pakaian di Pasar Rabu Prenduan
Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Faktor Pengambilan Keputusan.
Perilaku konsumen dalam hal berbelanja sudah banyak mengalami
perubahan dimana sekarang konsumen hanya duduk dirumah sudah dapat
berbelanja pakaian, namun masih ada konsumen yang lebih senang dan tetap
berbelanja pakaian di pasar-pasar tradisional khususnya di Pasar Rabu Prenduan
meski konsumen harus mengeluarkan waktu, tenaga dan pikirannya dalam
melakukan pembelian.
Berdasarkan hal tersebut maka terdapat dua permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini yaitu pertama Bagaimana perilaku konsumen
dalam memutuskan pembelian produk pakaian di Pasar Rabu Prenduan, kedua
Faktor apa saja yang dapat mendorong konsumen dalam keputusan pembelian
produk pakaian di Pasar Rabu Prenduan.
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif
dengan jenis penelitian Deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik
wawancara dan observasi secara langsung mengenai perilaku konsumen di Pasar
Rabu. Untuk pengecekan kebasahan data peneliti menggunakan triangulasi
sumber data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah yang diambil
konsumen dalam melakukan keputusan pembelian diantaranya mengenal adanya
kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi sebelum pembelian, keputusan membeli
dan perilaku setelah membeli. Terdapat tiga jenis perilaku konsumen yang
berbelanja di Pasar Rabu yaitu konsumen membeli untuk mengurangi ketidak
cocokan, Konsumen membeli karena kebiasaaan dan konsumen membeli untuk
mencari variasi produk pakaian. Sedangkan faktor-faktor yang dapat mendorong
konsumen dalam keputusan pembelian dipengaruhi oleh pertama faktor budaya
seperti cara bertransasksi menggunakan bahasa Madura, letak tempat tingal yang
tidak terlalu jauh dari lokasi pasar dan agama yang dianut, kedua faktor pribadi
dimana konsumen di pasar Rabu Prenduan rata-rata penghasilannya menengah
kebawah dengan berbagai macam pekerjaan seperti kuli bangunan, ibu rumah
tangga, penjual tape, pelajar dan menunjukkan gaya hidup yang sederhana, ketiga
faktor psikologis, adanya dorongan untuk memenuhi kebutuhannya dan keempat
faktor soisal yang pengaruhnya berasal dari keluarga, teman, organisasi dan
tetangga. Selain dari ke empat faktor tersebut ada juga faktor lain yang
mendorong konsumen dalam memutuskan pembelian pakaian di Pasar Rabu yaitu
Keterjangkaun harga, kualitas bahan, kesesuaian model dan yang terakhir stok
barang
Tidak tersedia versi lain