Text
Strategi Dan Dampak Kenaikan Harga Kedelai Terhadap Pendapatan UD. Pabrik Tempe Rahmat Kelurahan Kolpajung
Kata kunci: Harga Kedelai, Pendapatan UD. Pabrik Tempe Rahmat
Kelurahan Kolpajung
UD. Pabrik Tempe Rahmat Kelurahan Kolpajung merupakan salah satu
produsen tempe yang berada di Kelurahan Kolpajung, dan mengolah tempe siap
jual. Di tahun 2022 kedelai mengalami kenaikan hingga akhir tahun, sedangkan
Indonesia mengimpor kedelai karena tidak bisa memenuhi kebutuhan permintaan
konsumen tempe. Kedelai impor naik dikarenakan cuaca buruk di La Nina
Argentina Amerika selatan dimana negara ini merupakan negara penghasil kedelai
terbesar di dunia. Hal ini lah yang menyebabkan harga kedelai melonjak. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Dampak Kenaikan Harga Kedelai
Terhadap Pendapatan Usaha Tempe dan juga Strategi yang digunakan untuk
menangani permasalahan kenaikan harga kedelai terhadap pendapatan di UD.
Pabrik Tempe Rahmat Kelurahan Kolpajung.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimana dampak kenaikan harga
kedelai akhir tahun 2022 bulan Desember terhadap pendapatan UD. Pabrik Tempe
Rahmat Di Kelurahan Kolpajung?. Kedua, Strategi apa yang dilakukan oleh
produsen UD. Pabrik Tempe Rahmat Di Kelurahan Kolpajung dalam mensiasati
kenaikan harga kedelai?. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan
kualitatif dengan jenis deskripptif. Sumber data diperoleh melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Pemilik Pabrik
Tempe, dan para pengrajin tempe. Sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Dampak kenaikan
harga kedelai di akhir tahun 2022 bulan Desember mengalami kenaikan sebesar
17% adanya kenaikan harga kedelai ini berdampak pada pendapatan usaha pabrik
tempe milik Bapak Rahmat di Kelurahan Kolpajung dimana pendapatan yang
diperoleh menurun dari pada pendapatan yang diperoleh sebelum terjadi kenaikan
harga kedelai. Kedua, Strategi yang digunakan dalam mensiasati kenaikan harga
kedelai terhadap penurunan pendapatan di UD. Pabrik Tempe Rahmat Kelurahan
Kolpajung ber inisiatif dengan cara mengurangi ukuran tempe dengan harga yang
tetap sama sebelum adanya kenaikan harga kedelai daN menghasilkan jumlah
tempe yang lebih banyak dan dari ukuran tempe yang diperkecil membuat plastik
kemasan tempe ikut mengecil dan berganti pada plastik ukuran kecil dengan
harga yang lebih murah
Tidak tersedia versi lain