Text
Dampak Pasar Modern terhadap Pedagang Pasar Tradisional Camplong Kabupaten Sampang
Kata Kunci: Pasar Modern, Pasar Tradisional, Persaingan
Keberadaan pasar modern pada saat ini sudah menjadi tuntutan dan
konsekuensi dari gaya hidup masyarakat. Persaingan pasar yang semakin kuat di
masa sekarang ini membuat dua generasi antara pasar tradisional dan pasar
modern saling beradu kekuatan, untuk itu pengelola pasar tradisional haruslah
mempunyai strategi untuk meningkatkan pasar tradisional, dan pasar tradisional
tidak merasa dirugikan terhadap keberadaan pasar modern. Berdasarkan hal
tersebut, maka ada dua persoalan pokok, sehingga menghasilakan fokus
penelitian. Pertama, Bagaiman kondisi persaingan antara pasar modern dan pasar
tradisional di Camplong Kabupaten Sampang? Kedua, Bagaimana cara pasar
tradisional camplong Kabupaten Sampang mengatasi persaingan menghadapi
pasar modern?
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Penggalian data dalam penelitiaan ini menggunakan wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yaitu
memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, yaitu
meliputi perilaku, persepsi, motivasi yang bertujuan untuk analisis dalam setiap
aspek untuk mendalami fokus penelitian dan untuk mengungkapkan secara
terperinci dan jelas.
Peneitian ini menghasilkan sebuah kesimpulan Pertama, Kondisi yang
terjadi saat ini menunjukkan bahwa keberadaan beberapa toko modern yang ada di
sekitar pasar tradisional camplong mengakibatkan omset penjualan pedagang
menurun yang berlaku terhadap komoditas yang tersaingi karena tidak semua
komoditas tersaingi dengan pasar modern. Salah satu alasan pengunjung banyak
yang memilih kepasar modern karena fasilitas yang membuat pengunjung
nyaman; Kedua, Berbagai macam cara bersaing yang diterapkan oleh pedagang
pasar tardisional dan tidak semua menggunakan cara yang sama dalam
menghadapi pasar modern. Cara stategi yang digunakan oleh pedagang pasar
tradisional yaitu, meningkatkan pelayanan, kelengkapan dan kualitas produk,
memanfaatkan sosial media yaitu facebook dan sosial media lain, dan yang
terakhir menggunakan strategi dengan berjualan dipasar tradisional sambari
membuka toko, dan yang paling banyak dilakukan oleh pedagan yaitu
memanfaatkan sosial media yang ada, karena hampir semua pedagang disana
sudah mempunyai Hp
Tidak tersedia versi lain