Text
Peran E-commerce Shopee Dalam Meningkatkan Penjualan Petis Madura Pada Muavi Shop
Kata Kunci : E-commerce, Shopee, Petis Madura
E-commerce secara umum bisa diartikan sebagai transaksi jual beli secara
elektronik melalui media internet. Selain itu, E-commerce dapat juga diartikan sebagai
suatu proses berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang menghubungkan
antara perusahaan, konsumen dan juga masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik
dan pertukaran ataupun penjualan barang, servis, dan juga informasi secara elektronik.
Tujuan penggunaan E-commerce dalam meningkatkan penjualan Petis Madura yaitu
untuk memperkenalkan dan mempertahankan produknya dalam rangka untuk
menghadapi persaingan di dunia bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peran E-commerce yang ditarapkan oleh Muavi Shop dalam meningkatkan penjualan
petis Madura.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif
deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Informannya adalah owner, karyawan dan pembeli Muavi Shop.
Pengecekan keabsahan data yang dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode.
Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut : Pertama, Peran E-commerce ini
usaha Muavi Shop dalam meningkatkan penjualan di e-commerce memberikan
voucher diskon di platform e-commerce shopee yang bertujuan untuk memaksimalkan
peran e-commerce dalam meningkatkan penjualannya; Kedua, Muavi Shop
menggunakan e-commerce mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kekurangan dari
penggunaanya yaitu kerugian secara tidak terduga, kepercayaan konsumen menurun,
Terjadinya pencurian akun, kehilangan kesempatan berbisnis. Sedangkan untuk
kelebihannya sendiri yaitu menciptakan kepercayaan untuk para konsumen, dapat
menjual beberapa jenis produk, memberikan voucher pembelian, kemudahan
pembelinya saat melakukan transaksi
Tidak tersedia versi lain