Text
Implementasi Strategi Penjualan Menurut Perspektif Ekonomi Islam Pada UD. Meubel Sumber Makmur
Kata Kunci : Strategi Penjualan Ekonomi Islam, Strategi Penjualan UD. Meubel
Sumber Makmur.
Setiap bisnis atau usaha yang dibangun pastinya memiliki banyak cara yang
pebisnis lakukan agar usahanya tidak kalah saing dengan usaha atau bisnis yang
lainnya cara tersebut dengan menciptakan strategi penjualan yang unik dan menarik
serta tentunya telah sesuai dalam perspektif ekonomi Islam. Dengan hal tersebut
tentunya akan lebih banyak menarik minat para calon konsumen untuk membeli
dan menggunakan produk UD. Meubel Sumber Makmur.
Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat tujuan yang akan menjadi kajian
pokok dalam teori ini, yaitu: untuk mengetahui bagaimana strategi penjualan yang
dilakukan di UD. Meubel Sumber Makmur Pamekasan dan menganalisis
bagaimana implementasi strategi penjualan menurut perspektif ekonomi Islam di
UD. Meubel Sumber Makmur Pamekasan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian empiris dengan
jenis pendekatan kualitatif yang menggunakan metode wawancara semi-terstruktur.
Data-data yang telah terkumpul merupakan data primer dan data sekunder. Data
primer yaitu data yang diperoleh langsung di lapangan dengan mendatangi
langsung objek penelitian. Sedangkan untuk data sekunder merupakan data yang
diperoleh dari sumber-sumber seperti buku, artikel, dan literatur-literatur yang
lainnya. Terdapat beberapa infroman yaitu Pemilik, Karyawan dan Konsumen pada
UD. Meubel Sumber Makmur Pamekasan. Lalu, peneliti akan menganalisis hasil
wawancara dan diambil kesimpulannya.
Dari hasil penelitian yang dilakukan telah ditemukan bahwa strategi
penjualan disini bisa dilakukan secara langsung (Offline) dan secara tidak langsung
(Online). Strategi penjualan pada usaha tersebut dilakukan dengan promosi melalui
sosial media dan pemberian reward kepada setiap konsumen yang telah melakukan
pembelian dengan nominal tertentu. UD. Meubel Sumber Makmur Pamekasan
menerapkan teori strategi penjualan berdasarkan perspektif ekonomi Islam yaitu
sesuai dengan nilai-nilai etika dalam kegiatan berbisnis sesuai dengan ajaran Islam
diantaranya adalah beperilaku jujur, adil dan nilai profesionalisme.
Tidak tersedia versi lain