Text
Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Loyalitas Jamaah Umrah di PT. Arudam Sembilan Sembilan
Kata Kunci : Transparansi, Akuntabilitas, Responsibility , fairness.
Indonesia sebagai negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama islam Haji atau
Umrah merupakan salah satu kewajiban beribadah dalam agama islam yaitu pada rukum islam
nomor 5 (lima), wajib dikerjakan oleh umat islam jika mampu. Haji merupakan keinginan setiap
umat islam dikarenakan proses untuk umat islam dapat berangkat haji harus menunggu lama atau
waiting list, maka sebagian umat islam khusunya di indonesia memilih alternatif lain agar dapat
pergi ke Baitullah, yaitu dengan melaksanakan ibadah umrah. Umrah merupakan satu kegiatan
ibadah dalam agama islam hampir mirip dengan haji. Melaksanakan Ibadah Umrah merupakan
cita-cita semua umat islam maka dari itu banyaknya para tamu Allah yang akan melaksanakan
ibadah umrah membuat semakin banyak nya travel-travel umrah di Indonesia
Good Corporate Governance dalam Bahasa Indonesia disebut dengan tata kelola
perusahaan yang baik Istilah pada di corporate governance yang pertama. Prinsip-prinsip tata
kelola perusahaan meliputi transparansi (transparency), akuntabilitas (accountability),
responsibilitas atau pertanggungjawaban (responsibility). kemandirian (independency) dan
kewajaran atau kesetaraan (fairness
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian
pendekatan kuantitatif yakni penelitian yang menggunakan angka-angka yang dijumlahkan
sebagai data dan kemudian dilakukan analisis. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah
jenis penelitian hubungan kausal yang bersifat sebab akibat antara variabel independen (X)
dengan variabel dependen (Y).
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka kesimpulan dalam penelitian ini
adalah 1) Secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh variabel
Independen (transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban dan kewajaran) terhadap variabel
dependen (tingkat loyalitas jamaah), 2) Secara parsial terdapat pengaruh yang yang positif dan
signifikan variabel transparansi terhadap variabel tingkat loyalitas jamaah, 3) Secara parsial
terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan variabel akuntabilitas terhadap variabel tingkat
loyalitas jamaah, 4) Secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel
pertanggung jawaban terhadap variabel tingkat loyalitas jamaah, 5) Secara parsial terdapat
pengaruh negatif dan tidak signifikan variabel kewajaran terhadap variabel tingkat loyalitas
jamaah
Tidak tersedia versi lain