Text
Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Kelapa Bakar Dasir Di Teja Timur
Kata Kunci: Penerapan, Strategi Pemasaran, Penjualan
Kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan inovasi dalam upaya
memanfaatkan peluang serta menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda sebagai
keunggulan perusahaan. Dikarenakan tingkat persaingan dalam dunia bisnis
dituntut setiap wirausaha untuk mampu melaksanakan kegiatan Strategi
pemasaran agar berupaya untuk mencapai peningkatan penjualan. Berdasarkan hal
tersebut, maka ada tiga fokus penelitian yang menjadi pokok dalam penelitian ini
yaitu: pertama, bagaimana strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan
penjualan Kelapa Bakar Dassir di Teja Timur, Kedua, bagaimana penerapan
strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan penjualan Kelapa Bakar Dassir di
Teja Timur, Ketiga, bagaimana strategi pemasaran dalam ekonomi Islam kelapa
bakar Dassir di Teja Timur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber daya diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Informannya yaitu pemilik kelapa bakar Dassir, karyawan dan
pelanggan Kelapa Bakar Dassir. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi pemasaran dalam
upaya meningkatkan penjualan Kelapa Bakar Dassir yaitu dilaksanakan dengan
menggunakan bauran pemasaran atau marketing mix yang meliputi produk, harga,
distribusi, promosi. kedua, penerapan strategi pemasaran dalam upaya
meningkatkan penjualan Kelapa Bakar Dassir, yaitu dengan cara menjalankan dari
keempat element bauran pemasaran tersebut serta respon dari masyarakat sangat
bagus sehingga menciptakan peningkatan terhadap penjualan serta keuntungan
bagi kelapa bakar Dassir. ketiga, strategi pemasaran dalam ekonomi islam kelapa
bakar Dassir yaitu sama halnya menggunakan marketing mix namun lebih kearah
sifat nabi Muhammad yaitu Shiddiq, Amanah, Tabligh, Fatanah.
Tidak tersedia versi lain